Lapas Kelas I Malang Hadiri Pembukaan HDKD via Online

Jumat, 7 Juli 2023 | 15:30 WIB
0
51
Lapas Kelas I Malang Hadiri Pembukaan HDKD via Online
Lapas Kelas I Malang Hadiri Pembukaan HDKD via Online | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Jum'at (7/7/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur ikuti Kegiatan Upacara Pembukaan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2023 yang dilaksanakan di Graha Pengayoman Kemenkumham RI, Jakarta.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Edward OS Hiariej. Pejabat Struktural Lapas Kelas I Malang mengikuti kegiatan secara virtual melalui aplikasi zoom dari Ruang Rapat Atas. Tema yang diangkat pada peringatan HDKD ke-78 Tahun 2023 adalah "Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju".

Rangkaian kegiatan HDKD ke-78 ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Kemenkumham, kemudian Doa Kumham untuk Negeri yang dipandu oleh 5 pemuka agama resmi di Indonesia. Selanjutnya Wamenkumham memberikan sambutan sekaligus membuka secara seremonial rangkaian HDKD tahun 2023.

"Melalui peringatan Hari Kemenkumham yang secara rutin kita laksanakan setiap tahunnya dengan berbagai macam bentuk kegiatan bertujuan agar kita terus dapat mendekatkan diri dan hadir ditengah masyarakat, semakin meningkatkan rasa kebersamaan, rasa kecintaan kita kepada organisasi, serta rasa memiliki sebagai keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM. Dengan tema peringatan tahun ini, kita yakinkan publik bahwa Kemenkumham semakin berkualitas serta berkomitmen untuk mendukung agenda nasional guna mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," Ujar Edward dalam sambutannya.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengatakan Tema HDKD tahun ini bisa jadi pemacu semangat pengabdian terbaik insan Pengayoman menjaga keberagaman dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntable, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)