Polresta Malang dan Jaksa Koordinasi Lapas Kelas I Malang, Ada Apa?

Kamis, 26 Oktober 2023 | 10:13 WIB
0
22
Polresta Malang dan Jaksa Koordinasi Lapas Kelas I Malang, Ada Apa?
Polisi dan Jaksa Koordinasi Lapas Kelas I Malang | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Selasa (24/10/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengadakan Rapat koordinasi antar Aparat Penegak Hukum (APH) di Kota Malang.

Hadir dalam Rapat koordinasi APH pada Selasa 24 Oktober 2023 ini Kalapas Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar bersama Kasat. Reskrim Polresta Malang, Kompol Danang Yudanto, SE., SIK. dan (Kasie. Pidum Kejaksaan Kota Malang, Kusbiantoro.

Lapas Kelas I Malang sebagai bagian dari Aparat penegak hukum (APH) mempunyai tugas menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kamtibmas.

Koordinasi ini merupakan bentuk sinergitas antar APH dalam menjaga kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum.

"Kami berharap dengan koordinasi ini meningkatkan sinergitas juga menguatkan jalinan komunikasi dalam menyikapi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dengan melakukan deteksi dini," kata Ketut Akbar Herry Achjar, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Mantan Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah. Kalapas Kelas I Malang sekarang, Ketut Akbar Herry Achjar bertekad menjadi Lapas yang Lebih Baik dan Anti Narkoba.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)