Frustasi, Akhirnya Carlsen Benar-benar Menuduh Niemann Curang

"Sejauh ini saya hanya bisa berbicara dengan tindakan saya, dan tindakan itu telah menyatakan dengan jelas bahwa saya tidak mau bermain catur dengan Niemann," kata Carlsen.

Selasa, 27 September 2022 | 08:03 WIB
0
464
Frustasi, Akhirnya Carlsen Benar-benar Menuduh Niemann Curang
Carlsen dan Hans Niemann (Foto: Crystal Fuller)

Itulah judul berita besar Chess24 hari ini. Akhirnya secara terang-terangan GM Magnus Carlsen menuduh GM Hans Niemann curang lewat pernyataan resmi yang dibagikannya lewat akun twitternya. Berikut isinya:

Dear Chess World

Di Sinquefield Cup 2022, saya membuat keputusan profesional yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mundur dari turnamen setelah partai babak ketiga saya melawan Hans Niemann. 

Seminggu kemudian di turnamen online Julius Baer Generation Cup, saya juga mundur melawan Hans Niemann setelah hanya memainkan satu langkah. 

Saya tahu bahwa tindakan saya ini telah membuat frustrasi banyak orang di komunitas catur. Saya frustasi. Saya ingin bermain catur. 

Saya ingin terus bermain catur di level tertinggi di event-event terbaik. Saya percaya bahwa menipu dalam permainan catur adalah masalah besar dan ancaman eksistensial untuk permainan ini. 

Saya juga percaya bahwa penyelenggara catur dan semua orang yang peduli dengan permainan yang kita cintai ini harus serius mempertimbangkan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan dan metode deteksi curang untuk catur di atas papan. 

Ketika Niemann diundang menit terakhir ke Piala Sinquefield 2022, saya sangat mempertimbangkan untuk mundur sebelum turnamen dimulai. Saya akhirnya memilih untuk bermain. 

Saya percaya bahwa Niemann telah menipu lebih banyak - dan baru-baru ini - daripada yang dia akui secara terbuka. 

Kemajuannya di atas papan tidak biasa, dan sepanjang pertandingan kami di Sinquefield Cup saya mendapat kesan bahwa dia tidak tegang atau bahkan berkonsentrasi penuh pada saat di posisi kritis.

Niemann mengalahkan saya dengan Hitam dengan cara yang saya pikir hanya segelintir pemain yang bisa melakukannya. 

Partai ini berkontribusi untuk mengubah perspektif saya. 

Kita harus melakukan sesuatu tentang kecurangan, dan untuk bagian saya ke depannya, saya tidak ingin bermain melawan orang-orang yang telah berbuat curang berulang kali di masa lalu, karena saya tidak tahu apa yang mampu mereka lakukan di masa depan. 

Ada lagi yang ingin saya katakan. Sayangnya, saat ini saya terbatas pada apa yang dapat saya katakan tanpa izin eksplisit dari Niemann untuk berbicara secara terbuka. 

Sejauh ini saya hanya bisa berbicara dengan tindakan saya, dan tindakan itu telah menyatakan dengan jelas bahwa saya tidak mau bermain catur dengan Niemann. Saya berharap kebenaran tentang masalah ini terungkap, apa pun itu. 

Magnus Carlsen - Juara Dunia Catur

Karena saya menggunakan bantuan google translate untuk menterjemahkan pernyataan Carlsen ini dan bisa saja salah dalam hal interpretasi, pernyataan Carlsen dalam bahasa Inggris bisa dilihat di kolom komentar.

***