Kosteniuk Juara, Karjakin Ke Final

Bukan hanya itu, Alexandra juga berhasil masuk top 10 dunia catur wanita dari sebelumnya peringkat ke-18 setelah meraup 43 poin rating di turnamen ini.

Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:11 WIB
0
140
Kosteniuk Juara, Karjakin Ke Final
Alexandra Kosteniuk (Foto: Anastasia Korolova)

Hasil remis pada partai kedua saat menghadapi GM Aleksandra Goryachkina tadi malam sudah cukup untuk membawa GM Alexandra Kosteniuk meraih gelar juara Piala Dunia Catur Wanita 2021 setelah menang di partai pertama.

Dalam partai harus menang untuk menyamakan kedudukan, Goryachkina tidak mampu keluar dari tekanan Kosteniuk hingga dengan berat hati harus menerima hasil remis dalam posisi kalah.

Penampilan Alexandra yang sudah berusia 37 tahun di turnamen bergengsi ini memang sungguh mengagumkan dan mempesona. Kosteniuk memenangi even sistem gugur ini tanpa harus sekalipun memainkan partai babak tambahan.

Dalam perjalanannya meraih gelar juara, Kosteniuk sukses menaklukkan WGM Deysi Cori, GM Pia Cramling, GM Mariya Muzychuk, GM Valentina Gunina, GM Tan Zhongyi dan unggulan pertama GM Aleksandra Goryachkina di babak final.

Sebagai juara Kosteniuk berhak menerima uang hadiah sebesar USD 50.000 atau sekitar 725 juta rupiah dan satu tempat di Turnamen Kandidat Wanita.

Bukan hanya itu, Alexandra juga berhasil masuk top 10 dunia catur wanita dari sebelumnya peringkat ke-18 setelah meraup 43 poin rating di turnamen ini.

Ke Final

Perang saudara antar sesama pecatur Rusia GM Sergey Karjakin vs GM Vladimir Fedoseev pada Piala Dunia Catur 2021 tadi malam berakhir dengan kemenangan Karjakin yang juga memastikannya lolos ke babak final.

"Saya sangat senang akhirnya berhasil mencapai babak final. Saya juga senang tidak harus memainkan babak tambahan sehingga saya sekarang bisa istirahat," kata Karjakin selepas pertandingan.

Karjakin memang bisa rehat satu hari karena masih menunggu selesainya partai semifinal lainnya antara GM Magnus Carlsen vs GM Jan-Krzysztof Duda karena mereka harus memasuki babak tiebreak setelah berbagi angka 1-1.

Duda menunjukkan bahwa dia tidak takut bertarung dengan Carlsen. Pecatur muda Polandia ini bahkan dengan berani mengorbankan kualitas pada langkah ke-20 agar tetap bisa mengendalikan permainan.

Terbukti, hingga langkah ke-43 Magnus terlihat tidak bahagia dengan posisinya. Melalui perjuangan yang sangat berat, Magnus akhirnya lega bisa memaksakan remis pada langkah ke-65.

Dua partai babak tambahan mereka dengan waktu pikir 25'+10 bisa ditonton di Follow Chess mulai pukul 19.00 WIB.

***