Skandal Curang di Kejuaraan Dunia Mahasiswa

Penentuan dugaan pelanggaran fair play tidak akan memengaruhi status pemain di turnamen tatap muka di atas papan dalam yurisdiksi FIDE.

Senin, 29 Maret 2021 | 12:13 WIB
0
95
Skandal Curang di Kejuaraan Dunia Mahasiswa
Lukija Osmak di tengah (Foto: Federasi Catur Rusia)

IM Iulija Osmak mencetak skor 4½ poin dari 5 babak final Kejuaraan Dunia Online antar Mahasiswa Individual Rapid 2021 hasil dari 4 kali menang dan sekali remis.

Tetapi skornya telah diubah menjadi 0 dengan peringkat dua WIM Julia Antolak dari Polandia dinyatakan sebagai juara karena Osmak dianggap berbuat curang.
Osmak, 23 tahun, Juara Wanita Ukraina 2017, mengatakan dia didiskualifikasi berdasarkan analisis statistik dari lima pertandingannya di babak final dan telah menyatakan kesediaan mengikuti tes pendeteksi kebohongan untuk membantah putusan itu.

Setelah memeriksa semua partai-partai yang dimainkan di Kejuaraan Dunia Online antar Mahasiswa ini pihak Fair Play Panel (FPP) juga mendiskualifikasi 20 (dua puluh) pemain karena dianggap melanggar Fair Play.
Mereka mengatakan butuh lebih dari 70 jam untuk menganalisis 5.036 partai-partai itu, dan menjelaskan bahwa mereka mendasarkan keputusan mereka pada bukti-bukti statistik, bukti Host Internet Platform, bukti fisik, pendapat ahli, dan kesimpulan panel.

Meski demikian baik FIDE, maupun Platform Internet Hosting mengatakan bahwa penentuan dugaan pelanggaran fair play tidak akan memengaruhi status pemain di turnamen tatap muka di atas papan dalam yurisdiksi FIDE.

Namun, tidak ada hak untuk mengajukan banding, dan jelas bahwa tuduhan kecurangan ini berdampak pada reputasi pemain. Osmak mengatakan kepada chessnews.ru bahwa dia diberitahu didiskualifikasi berdasarkan analisis statistik dari lima pertandingan di final.

"Saya meminta mereka untuk memeriksa saya dengan detektor kebohongan, karena jika tidak, saya tidak punya cara untuk membuktikan kejujuran saya," ujar Osmak. Negosiasi sedang berlangsung.

Photo ini saat IM Iulija Osmak memenangkan Kejuaraan Wanita Ukraina 2017 diapit sebelah kiri GM Natalia Zhukova dan WGM Olga Babiy kanan.

***