Penghargaan Pemerintah Uzbekistan untuk Nodirbek

Upacara pemberian penghargaan berlangsung di Komite Olimpiade Nasional Uzbekistan pada tanggal 3 Januari 2022.

Kamis, 6 Januari 2022 | 15:19 WIB
0
210
Penghargaan Pemerintah Uzbekistan untuk Nodirbek
Nodirbek Abdusattorov (Foto: Facebook.com)

Pecatur termuda yang pernah meraih gelar Juara Dunia Catur Rapid diusia 17 tahun GM Nodirbek Abdusattorov diberi pemerintah Uzbekistan penghargaan "Anak Bangsa Pemberani", kunci apartemen 2 kamar di Tashkent, dan hadiah uang sebesar 325 juta rupiah.  

Para pelatih juga diberikan hadiah uang sebesar Rp130 juta, Rp65 juta untuk GM Javohir Sindorov, yang menempati peringkat ke-8 di Kejuaraan Dunia Catur Blitz 2021.

Upacara pemberian penghargaan berlangsung di Komite Olimpiade Nasional Uzbekistan pada tanggal 3 Januari 2022.

Catur dan Pendidikan

Nodirbek Abdusattorov sekarang sudah jadi GM tangguh dan sudah mampu menundukkan pecatur elit dunia GM Anish Giri di Piala Dunia Catur 2021.

Sementara WFM Samantha Edithso sepertinya sekarang lebih memilih sekolah dari pada catur. Kadang lucu juga jika mengingat Wali Kota Bandung waktu itu dan kayaknya sampai sekarang tidak tahu kalau ada warganya yang jadi juara dunia sehingga tidak ada bantuan sama sekali untuk menunjang karier caturnya lebih lanjut ke tingkat yang lebih tinggi.

Jadi kalau Samantha sekarang lebih memilih pendidikan menjadi bisa dimaklumi padahal dengan bakat catur istimewanya itu ia bisa dengan mudah meraih gelar WGM.

Time flies so fast, waktu berjalan sangat cepat. Usianya sekarang sudah 13 tahun, banyak waktu terbuang percuma, jadi sudahlah.

***