Pilih Mana, Air Kolam yang Bening atau Ikan Koi yang Sehat?

Bukan berarti kita tak perlu berusaha untuk membuat air yang bening di kolam Koi. Tapi pastikan bahwa air kolam yang bening adalah hasil dari proses filterasi yang baik.

Rabu, 30 Juni 2021 | 00:04 WIB
0
191
Pilih Mana, Air Kolam yang Bening atau Ikan Koi yang Sehat?
Japanese Style Koi Pond

Memelihara ikan Koi pada dasarnya adalah menjaga kualitas air. Jika saya punya pertanyaan untuk anda dalam memelihara koi, apa yang anda inginkan?

1. Air kolam yang bening dan anda mudah memandangi koi anda, atau 
2.Membuat kondisi air agar ikan koi selalu sehat dan berumur panjang?

Bila pilihan anda no. 1, tentu anda akan berupaya keras agar air kolam anda selalu bening dengan  cara apapun. Tapi air yang bening sebening kristal di kolam yang kita idam-idamkan, belum tentu terbaik bagi ikan koi.

Koi Tak Butuh Air bening

Tahukah anda jika sesungguhnya ikan koi tidak butuh air yang bening? Membuat air bening mungkin mudah saja, yaitu dengan menggantinya dengan air baru, tapi bukan itu permasalahannya. Pernahkah anda berpikir, setelah air kolam bening, lalu apa yang terjadi pada koi anda?

Bagi para newbies, mungkin akan bertanya-tanya ketika koinya banyak yang mati, padahal air kolamnya selalu terlihat bening. Itu sebagai bukti, bahwa Koi tidak semata-mata membutuhkan air yang bening, tapi yang namyan bagi mereka sebagai tempat hidupnya

Jadi bila anda ingin memelihara koi, usahakan membuat kolam ikan Koi dengan air yang nyaman untuk koi, dan bukan nyaman untuk anda dalam melihat koi.

Habitat asli Koi

Idealnya, koi bisa hidup nyaman di habitatnya yaitu kolam berlumpur (mud pond) yang luas, seperti misalnya di  sebuah danau yang luas dan airnya tenang. Apakah air di danau itu bening? Kadang malah tampak kehijauan bukan?

Tapi pertanyaan yang timbul adalah, bagaimana mungkin membuat danau yang berada di dalam area rumah kita?

Itu pertanyaan paling mendasar. Memang, kita tak akan mau dan juga tak perlu membuat danau untuk memelihara ikan koi. Tapi setidaknya, meski ukuran atau luas kolam kita jauh lebih kecil daripada danau, tapi kita tetap bisa merawat koi agar tetap hidup sehat dan tumbuh secara normal.

Untuk itulah maka perlu dibangun sebuah sistem filter yang berfungsi untuk menjaga kualitas air. Namun demikian bukan berarti kita tak perlu berusaha untuk membuat air yang bening di kolam Koi. Tapi pastikan bahwa air kolam yang bening adalah hasil dari proses filterasi yang baik.

Salam

***