Kenali Jenis Bahan yang Dipakai untuk Membuat Seragam Batik

Seragam batik sekolah, dimana dalam bikin seragam batik sekolah ini Anda harus bisa mengakomodasi segala keaktifan serta aktivitas dalam suasana belajar dan mengajar.

Minggu, 20 Februari 2022 | 06:57 WIB
0
205
Kenali Jenis Bahan yang Dipakai untuk Membuat Seragam Batik
images: knowitinfo.com

Seragam batik merupakan salah satu jenis seragam yang banyak dibuat masyarakat. Entah itu untuk seragam di suatu perusahaan, sekolah, atau bahkan di keluarga. Seolah seragam batik menjadi suatu kewajiban tersendiri untuk dimiliki.

Dalam melakukan pembuatan seragam batik juga, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan dan perhatikan, yang salah satunya adalah bahan kain yang ingin di buat seragam.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk memilih kain yang akan digunakan untuk pembuatan seragam batik. Penasaran? Yuk, simak informasinya sebagai berikut ya.

Seragam Batik Kerja

Salah satu seragam yang banyak di buat orang adalah seragam batik kerja. Seragam ini biasanya memang diutuhkan untuk suatu perusahaan – perusahaan besar dan digunakan dengan tujuan sebagai identitas para pekerja perusahaan tersebut.

Maka dari itu, bahan yang digunakan untuk bikin seragam batik perusahaan merupakan bahan yang nyaman, tidak kendor dan tentunya warna yang digunakan tidak boleh luntur.

Untuk Anda yang belum tahu, bahwa bahan pakaian yang cocok untuk dibuat seragam kerja perusahaan adalah kain primisima berkolissima dimana ciri – ciri kain ini adalah sebagai berikut :

  • Tingkat kerapatan benang yang 133 x 72
  • Tingkat penyusutan yang sangat rendah akibat jahitan benang yang sangat raoat
  • Tingkat daya tahan warna yang sangat tinggi akibat bahan dapat menyerap warna dengan sangat baik
  • Kualitas ekspor.

Seragam batik Sekolah

Selanjutnya adalah seragam batik sekolah, dimana dalam bikin seragam batik sekolah ini Anda harus bisa mengakomodasi segala keaktifan serta aktivitas dalam suasana belajar dan mengajar.

Tentunya kita mengerti bahwa siswa sekolah akan sangat aktif bergerak, maka dari itu, kain yang cocok digunakan adalah kain yang lebih tipis.

Salah satu kain yang cocok untuk digunakan adalah jenis kain katun lampion yang memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Tingkat kerapatan benang 72 x 94. Kerapatan yang lebih longgar dari kain sebelumnya ( primisima berkolissima ) dan membuat kain ini bisa bergerak dengan lebih leluasa dan lebih lentur.
  • Menggunakan benang combed 40s
  • Memiliki tingkat penyusutan yang akan sangat rendah sehingga nantinya akan cocok untuk dikenakan sebagai batik sekolah yang notabenenya diganti beberapa tahun sekali.

Seragam Batik Keluarga

Yang terakhir adalah seragam batik keluarga yang sering kali dilakukan orang terutama di saat hari – hari besar agama.

Untuk pembuatan seragam batik keluarga ini, idealnya seragam batik yang Anda kenakan haruslah terlihat elegan, berdaya tahan tinggi, dan juga tidak cepat susut.

Salah satu kain yang pas untuk digunakan sebagai jenis kain yang digunakan untuk bikin seragam batik keluarga adalah kain katun primisima primis yang memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Tingkat kerapatan 119 x 107 sehingga kerapatan yang dihasilkan sangat tinggi dan tingkat penyusutan sangat rendah.
  • Menggunakan jenis benang combed 50s yang meskipun sangat tipis namun karena kerapatannya sangat tinggi membuat kain ini terkesan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.
  • Biasanya digunakan untuk kain yang digunakan untuk batik tulis sehingga kualitas yang dihasilkan sangat baik.

Itu dia beberapa cara untuk menentukan kain yang biasanya digunakan untuk bikin seragam batik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

sumber: daster.co.id

***