Eksentrik, Daniil Dubov Pilih Kalah daripada Harus Pakai Masker

Kasus penolakan Dubov mengenakan masker menjadi kontroversi di media sosial dan warganet pecinta catur pun membahasnya dengan antusias.

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:12 WIB
0
338
Eksentrik, Daniil Dubov Pilih Kalah daripada Harus Pakai Masker
Daniil Dubov (Foto: Lennart Ootes)

Kontroversi terjadi pada babak ketujuh turnamen Tata Steel 2022 tadi malam ketika GM Daniil Dubov menolak bermain dengan memakai masker sewaktu berhadapan dengan GM Anish Giri.

Ada apa? Menurut penyelenggara seseorang yang dekat dengan pecatur Rusia itu dinyatakan positif Covid-19, jadi untuk melindungi Giri mereka meminta agar Dubov memakai masker selama pertandingan berlangsung.

Dubov menolak melakukannya dengan menyebut alasannya "masalah prinsip." Ketika dia tidak muncul setengah jam setelah pertandingan seharusnya mulai, Giri akhirnya dinyatakan sebagai pemenang.

Memang ada peraturan turnamen yang menyebutkan wajib memakai masker di mana-mana kecuali saat duduk di meja pertandingan dan inilah dasar bagi Dubov untuk mengatakan ini "masalah prinsip" tadi.

Tetapi pada kontrak dengan pemain, ada juga klausul yang menyatakan bahwa penyelenggara dapat mengambil tindakan yang diperlukan jika terjadi situasi yang tidak terduga tentang Covid yang muncul saat turnamen berlangsung.

Kasus ini menjadi kontroversi di media sosial. 

Carlsen Memimpin Sendirian

Sementara itu hanya butuh 34 langkah bagi GM Magnus Carlsen untuk menaklukkan pecatur muda India GM Praggnanandhaa R pada babak ke-7 turnamen Tata Steel 2022 tadi malam membuat juara dunia itu kini memimpin sendirian dengan 5 poin. 

Berapa poin rating yang didapat Magnus setelah membekuk Praggnanandhaa? Cuma 2 tetapi ini membuat juara dunia itu kini plus 1,1 poin rating. 

Pada meja lainnya GM Vidit Santosh Gujrathi kalah dari GM Jorden Van Forest, GM Fabiano Caruana menaklukkan GM Jan-Krzysztof Duda, sementara partai Esipenko vs Shankland, Grandelius vs Karjakin, dan Rapport vs Mamedyarov berakhir remis. 

Babak ke-8 malam ini Carlsen akan berhadapan dengan pecatur AS GM Sam Shankland. Daftar peringkat setelah babak ke-7 bisa dilihat di kolom komentar.

***