"Leg" yang Salah Kaprah

Mari kita ramai-ramai memberikan kritik dan saran untuk Panitia Penyelenggara AFF untuk kejuaraan PIALA AFF berikut tak perlu lagi pakai dua “leg”.

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:21 WIB
0
69
"Leg" yang Salah Kaprah
Thailand juara AFF (Foto: suara.com)

Menurut saya pengunaan istilah “leg” (untuk dua pertandingan home and away) pada pertandingan BABAK FINAL PIALA AFF adalah salah kaprah dan terkait strategi pemasaran semata untuk menarik sponsor.

Di semua kejuaraan atau turnamen yang namanya BABAK FINAL itu cuma satu kali pertandingan. Contoh, dalam konteks olahraga sepakbola, BABAK FINAL Piala Asia AFC, Piala Eropa UEFA, dan Piala Dunia FIFA semua BABAK FINAL-nya itu cuma satu pertandingan terakhir saja untuk menentukan JUARA!

Jadi, mari kita ramai-ramai memberikan kritik dan saran untuk Panitia Penyelenggara AFF untuk kejuaraan PIALA AFF berikut tak perlu lagi pakai dua “leg” untuk BABAK FINAL.

Tapi kalau Panitia Penyelenggara PIALA AFF tetap pada pendiriannya, untuk BABAK FINAL tetap menggunakan dua “leg” demi mendapatkan sponsor, saya lebih suka kata untuk “leg” itu adalah tetap memakai istilah “leg”.

Seperti halnya kita mengerti dengan istilah “kick-off” atau “off-side” yang kuat sebagai terminologi dalam olahraga sepakbola dan kita merasa tak perlu padanan katanya dalam bahasa Indonesia.

***

Demikian pendapat saya.

Salam. 😉