Tersisa 1 Detik, Susanto Membunuh Raja Novendra untuk Lolos ke Piala Dunia

Susanto tentu berharap tak pulang lebih awal lagi karena peserta tahun ini lebih banyak dari peserta Piala Dunia sebelumnya dari 128 menjadi 208.

Kamis, 20 Mei 2021 | 07:59 WIB
0
269
Tersisa 1 Detik, Susanto Membunuh Raja Novendra untuk Lolos ke Piala Dunia
Susanto vs Novendra (Foto: skor.id)

Dan.... Susanto Megaranto pun lolos ke Piala Dunia...

Kemarin bukan harinya GM Novendra Priasmoro. Setelah berhasil menyamakan kedudukan 2-2 pada hari kedua Japfa Grandmaster Duel Match, Novendra harus mengakui keunggulan seniornya GM Susanto Megaranto saat pertandingan itu harus diakhiri dengan catur kilat Sudden Death.

Susanto yang memegang buah Putih dan harus menang di babak tambahan ini, berhasil membunuh Raja Novendra dengan Benteng dalam waktu hanya tersisa 1 detik membuat penonton yang menyaksikannya secara langsung jantungan.

Berkat kemenangannya ini, Susanto akan mewakili Indonesia di Piala Dunia Catur yang rencananya akan digelar tatap muka pada 10 Juli - 6 Agustus 2021 di Sochi, Rusia.

Ini merupakan keempat kalinya pecatur kelahiran Indramayu 33 tahun lalu itu berlaga di ajang bergengsi ini.

Pertama tampil pada Piala Dunia 2007 di Meksiko, Susanto langsung tersingkir di babak pertama setelah kalah dari pecatur Bulgaria, GM Kiril Georgiev 2-0.

Pada Piala Dunia keduanya tahun 2011 di Rusia, Susanto juga tersingkir di babak awal usai ditaklukkan pecatur asal Vietnam, GM Le Quang Liem 1½-½.

Di Piala Dunia ketiganya tahun 2019 di Khanty-Mansiysk, Rusia, kembali Susanto dikirim pulang pada babak pertama oleh peraih GM termuda di dunia GM Sergey Karjakin yang memiliki elo rating 2760. Sebagai perbandingan, rating Santo saat itu 2550. Susanto kalah tipis ½-1½.

Kali ini di Piala Dunia keempatnya, Susanto tentu berharap tak pulang lebih awal lagi karena peserta tahun ini lebih banyak dari peserta Piala Dunia sebelumnya dari 128 menjadi 208. Hanya memang pairing juga tetap menentukan.

Bagi Novendra, tidak perlu kecewa terlalu mendalam karena masih ada peluang ke Piala Dunia mendampingi Susanto melalui jalur Asian Continental Open Chess Championship 2021 yang akan digelar pada 20-30 Mei 2021.

Selamat untuk GM Susanto Megaranto, suami dari Citra Milanda ini membuktikan bahwa ia masih pecatur terbaik saat ini di Indonesia.

***