Dominasi Arjun Erigaisi dan Apa Kata Carlsen tentang Pecatur India Ini?

Dengan situasi seperti ini, sudah sangat sulit bagi pecatur lainnya untuk menghentikan laju Magnus maupun Arjun.

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:07 WIB
0
438
Dominasi Arjun Erigaisi dan Apa Kata Carlsen tentang Pecatur India Ini?
Arjun Erigaisi (Foto: Lennart Ootes)

Pecatur India yang sedang naik daun GM Arjun Erigaisi (2632) tampil dominan di turnamen Tata Steel Challengers setelah membukukan 8 poin dari 9 babak hasil dari tujuh kali menang dan dua kali remis tanpa pernah kalah.

Arjun sekarang memimpin sendirian dan unggul dua poin dari peringkat dua di bawahnya yang ditempati GM Nguyen Thai Dai Van dan GM Rinat Jumabayev dengan 6 poin.

Selain memimpin Arjun juga berhasil meraup 27 poin sehingga ratingnya naik menjadi 2659.

Anak muda berusia 18 tahun ini sekarang menempati peringkat ke-4 pecatur India di bawah Anand, Vidit dan Harikrishna.

Menurut jurnalis Norwegia Tarjei J. Svensen jika Arjun bisa mempertahankan penampilannya seperti saat ini, tidak akan lama lagi anak ini akan masuk klub 2700.

Yang jelas satu tempat di kelompok Masters tahun depan sepertinya akan menjadi milik Arjun.

Arjun lahir pada 3 September 2003 di negara bagian Telangana, India. Ia mulai main catur pada usia 8 tahun namun hanya untuk sekedar bersenang-senang dengan teman-temannya. Tetapi permainan ini secara bertahap mulai berubah dari semula hanya hobi menjadi passion setelah ia mulai merebut gelar juara di berbagai turnamen catur.

Ayahnya, Dr Srinivas Rao mulai mengarahkan Arjun menjadi seorang pecatur profesional pada usia 11 tahun. Ia dilatih oleh pelatih catur terkenal asal Israel GM Victor Mikhalevski. Arjun berlatih catur sembilan jam sehari.

Arjun mendapatkan 3 norma IM dan 3 norma GM-nya hanya dalam waktu 8 bulan. Arjun memang banyak bepergian untuk mengikuti turnamen dalam kurun waktu itu.

Menurut Victor Mikhalevski, anak didiknya itu memiliki positional understanding dan fast calculation yang istimewa. Arjun tidak pernah takut menghadapi lawan yang ratingnya lebih tinggi dari dirinya. Itu yang membuatnya cepat berkembang.

Arjun meraih gelar GM pada usia 14 tahun 11 bulan 12 hari. Jauh lebih cepat delapan hari dari GM Fabiano Caruana.Carlsen Memimpin.

Apa kata Magnus Carlsen tentang kehabatan Arjun Erigaisi?

Menurut juara dunia ini, Arjun akan segera masuk ke kelompok elit 2700. Dia juga mengakui, Arjun sejauh ini merupakan pemain terbaik di grup Penantang (Challanger) dan telah menyaksikan  kekuatannya, paling tidak untuk sementara waktu sekarang, baik dalam kecepatan (berpikir) dan kecepatan (elangkah).

"Satu-satunya kejutan adalah skor yang dia miliki. Menang. Sejauh ini dia pemain terbaik (di Challengers) dan bermain catur dengan cara yang saya sukai! Anda bisa merasakannya bahwa dia tahu cara bermain! Dia memiliki mata taktis yang bagus dan dia bisa berganti gaya dengan mudah. Dia sangat kuat!" puji Carlsen.

Chessbase melaporkan, di World Blitz 2021 Arjun bermain melawan Magnus Carlsen dan berhasil menahan imbang Juara Dunia tersebut. 

Sementara itu di kelompok master, pecatur paling siap di turnamen Tata Steel 2022 bisa dikatakan adalah GM Magnus Carlsen. Magnus  baru bulan lalu mempertahankan gelarnya di Dubai.

Masih banyak hasil pekerjaan rumah para sekondannya yang belum digunakan Carlsen saat menghadapi GM Ian Nepomniachtchi dan baru dikeluarkannya di turnamen ini termasuk saat menekuk GM Shakhriyar Mamedyarov pada babak ke-9 tadi mala

Dengan empat babak tersisa, Magnus Carlsen sekarang memimpin turnamen sendirian.

Rasanya dengan situasi seperti ini, sudah sangat sulit bagi pecatur lainnya untuk menghentikan laju Magnus.

***