Panduan Hand Feeding Untuk Ikan Koi

Jumat, 20 Agustus 2021 | 02:58 WIB
0
461
Panduan Hand Feeding Untuk Ikan Koi
Koi Hand Feeding

Ikan koi bukan hanya ikan yang cantik dan anggun, tetapi mereka juga makhluk yang ramah. Jika Anda pernah mendekati kolam koi. Anda mungkin akan memperhatikan bahwa ikan koi tampaknya ingin tahu tentang manusia - mereka hanya berenang menjauh ketika Anda menyentuh permukaan kolam, karena itu adalah naluri bertahan hidup alami.

Namun, sifat ingin tahu dan ramah mereka telah menyebabkan banyak koi dilatih untuk memberi makan langsung dari tangan pemiliknya. Ini adalah kegiatan yang mengasyikkan bagi para pemilik kolam ikan koi , karena sekarang kolam tidak hanya menjadi fitur taman yang tenang dan santai untuk sekadar diamati, tetapi juga pengalaman interaktif dengan hewan peliharaan anda.

Prinsip utama yang harus diingat ketika mencoba melatih ikan koi untuk memberi makan dengan tangan (hend feeding) adalah pengertian dan kesabaran.

Harap dicatat bahwa dengan beberapa ikan koi, tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba, mereka tidak akan pernah mengambil makanan dari tangan seseorang.

Jangan biarkan ini membuat anda putus asa untuk mencoba! Teruslah membaca untuk langkah-langkah dasar yang akan membantu anda melatih koi untuk makan dari tangan anda.

Pertama, luangkan waktu untuk mengamati ikan Anda selama waktu makan. Ini tidak hanya akan membantu Anda memahami ikan mana yang sedang makan di permukaan dan mana yang mudah ketakutan, tetapi juga akan membuat koi Anda terbiasa melihat Anda saat mereka sedang makan. Setelah beberapa saat, mereka akan membuat hubungan antara Anda dan makanan.

Memberi Makan Kepada Koi 

Berilah pakan koi Anda dengan makanan favorit mereka, agar koi berkeliaran di permukaan kolam dan membangun kepercayaan diri dan hubungan antara Anda dan ikan koi Anda.

Berilah makan ikan  koi Anda dari tempat yang sama setiap kali, dan lebih dekat ke air setiap kali memberi makan, sampai Anda mulai memasukkan tangan Anda langsung ke dalam air.

Ini akan menunjukkan kepada koi Anda bahwa Anda bukanlah ancaman bagi mereka dan bahwa tangan dan makanan Anda menyatu. Di sinilah kesabaran anda diuji. 

Mulailah menggunakan makanan dalam jumlah sedikit dulu. Koi tidak akan mau makan dari tangan jika sudah kenyang atau sudah banyak makan.

Penting untuk menjaga agar ikan tetap dalam keadaan lapar untuk mendapatkan lebih banyak makanan di awal; ini akan memberi mereka dorongan untuk memberi makan dari tangan Anda.

Gunakan pelet  dan pegang di tangan Anda di bawah air sampai ikan koi mendekat dan memakannya dengan percaya diri.  Anda bisa mulai perlahan-lahan menggerakkan tangan Anda lebih dekat dan lebih dekat ke permukaan kolam.

Varietas Koi yang lebih percaya diri seperti Chagoi dan Sorigoi koi, yang dikenal jinak dan mudah diajarkan untuk diberi makan dengan tangan (hand feeding). Kdeua jenis koi tersebut dapat digunakan untuk memancing koi lainnya menjadi lebih jinak..

Setelah mempraktikkan teknik-teknik ini, maka akan sangat bermanfaat untuk melatih koi anda makan dari tangan anda.

Tidak peduli seberapa cepat Anda ingin mengajari ikan koi anda makan dari tangan Anda, ingatlah bahwa koi hanya boleh diberi makan saat suhu airnya normal. Saat air kolam dingin biasanya dimusim penghujan, maka kurangi pemberian pakan.

Doni Bastian @ gilakoi