Novendra Berburu Gelar "Grand Master" di Kandang Sendiri

Peluang Novendra untuk meraih gelar GM ini terbuka lebar karena ia saat ini sudah memiliki elo rating 2495 sementara untuk meraih GM minimal harus mendapat 2500.

Selasa, 12 November 2019 | 11:21 WIB
0
165
Novendra Berburu Gelar "Grand Master" di Kandang Sendiri
Novendra menghadapi pecatur Vietnam (Foto: Mulyadi R)

Turnamen International Jakarta Open 2019 yang dipentaskan di Hotel Grand Kemang Jakarta mulai 12-16 November ini akan menjadi kesempatan emas bagi IM Novendra Priasmoro, untuk mendapatkan gelar Grandmaster.

Karena salah satu partai utama dalam turnamen ini adalah dwitarung enam babak antara Novendra menghadapi GM asal Vietnam, Nguyen Anh Dung.

Peluang Novendra untuk meraih gelar GM ini terbuka lebar karena ia saat ini sudah memiliki elo rating 2495 sementara untuk meraih GM minimal harus mendapat 2500. Artinya, Novendra hanya membutuhkan lima poin lagi untuk bisa mencantumkan gelar itu di depan namanya.

Melihat lawannya ini, seharusnya Novendra bisa menang sebab prestasi Anh Dung sudah mulai agak menurun dan ia bukan lagi menjadi pecatur utama di negaranya. Nguyen sekarang menempati peringkat keenam di Vietnam.

Rating lawan pun ada di bawah Novendra dengan 2471. Setiap pertandingan, jika Novendra menang ia bisa mendapat tambahan 4,7 poin.

Jadi kalau bisa dua kali menang dan selebihnya imbang bisa aman lah untuk mendapat gelar GM dan ini akan menjadi sejarah baru di Indonesia karena pecatur Indonesia terakhir yang meraih gelar GM adalah Susanto Megaranto tahun 2004 itu berarti lima belas tahun yang lalu!

Pemenang dalam laga ini bakal mendapat uang hadiah sebesar USD 2.000 atau sekitar 28 juta rupiah sedangkan bagi yang kalah mendapat USD 1.000 atau sekitar 14 juta rupiah.

Untuk kategori Open sudah terdaftar sebanyak 212 peserta dengan unggulan pertama ditempati oleh IM Gilbert Elroy Tarigan. Turnamen terbuka ini agak dibatasi pesertanya hanya untuk pecatur yang elo ratingnya maksimal 2200.

Hadiahnya cukup lumayan karena juara pertama berhak atas uang hadiah sebesar 25 juta rupiah, juara dua 17½ juta rupiah dan juara ketiga 12½ juta rupiah.

Beberapa pecatur junior putri berbakat yang turun di turnamen ini adalah Cecilia Natalie Liuviann dan Samantha Edithso. Juga ada Theodora Paulina Walukow yang baru-baru ini bermain di Barcelona, Spanyol.

Partai babak pertama antara Novendra dengan GM Nguyen Anh Dung bisa ditonton secara langsung mulai pukul 10.00 WIB melalui link ini.

***