Susanto dan Jodi Gagal ke Final Catur Cepat

Berita terakhir menyebutkan Nguyen merebut medali emas sementara Jingyao kebagian perak.

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:26 WIB
0
196
Susanto dan Jodi Gagal ke Final Catur Cepat
Susanto Megaranto (Foto: Thailand Chess Association)

Berakhir sudah perjalanan dua pecatur Indonesia di nomor Individual Rapid Chess Open SEA Games 2021.

Pada babak semifinal yang baru saja berakhir GM Susanto Megaranto dan IM Azarya Jodi Setyaki ditaklukkan oleh pecatur asal Vietnam GM Nguyen Ngoc Truong Son dan pecatur Singapura IM Tin Jingyao dengan skor 1½-½ .

Dengan demikian Indonesia dipastikan hanya meraih medali perunggu. Pada hari pertama Indonesia meraih 1 medali emas dan 2 perak.

Berita terakhir menyebutkan Nguyen merebut medali emas sementara Jingyao kebagian perak.

Sebelumnya, untuk mencegah main mata, nomor Individual Rapid Chess Open SEA Games 2021 digelar dalam format babak penyisihan, semifinal dan final.

Babak penyisihan berlangsung 5 babak dengan 4 peringkat atas otomatis lolos ke babak semifinal.

Dua pecatur dari Indonesia GM Susanto Megaranto dan IM Azarya Jodi Setyaki akhirnya lolos ke babak semifinal setelah menempati peringkat 1 dan 3 pada babak penyisihan yang berlangsung sebanyak lima babak kemarin.

Sedangkan peringkat 2 dan 4 ditempati oleh pecatur Singapura IM Tin Jingyao dan GM Nguyen Ngoc Truong Son dari Vietnam. 

Sesuai dengan regulasi Susanto berhadapan dengan GM Nguyen Ngoc Truong Son sementara Tin Jingyao bertemu dengan Jodi.

Mereka bertarung dua kali dengan bergantian memegang Putih dan Hitam. Jika hasilnya imbang akan digelar babak pamungkas Armageddon 5 vs 4 menit untuk menentukan siapa yang akan maju ke babak final.

Agak mengejutkan juga melihat GM Le Quang Liem dari Vietnam yang menjadi unggulan pertama di nomor ini tersingkir karena hanya menempati posisi ke-7 setelah dua kali kalah pada babak kedua dan kelima.

Salah satu yang mengalahkan Quang Liem adalah IM Tin Jingyao lawan Jodi di semifinal. Jingyao sendiri sudah pernah dikalahkan Susanto di babak ke-3.

Di sisi lain Nguyen adalah satu-satunya pecatur yang mengalahkan Susanto di babak ke-4. Jadi pada pertemuan kedua mereka Susanto punya kesempatan untuk melakukan revans.

Gagal

Untuk menghindari main mata, nomor Individual Rapid Chess Putri SEA Games 2021 digelar dalam format babak penyisihan, semifinal dan final.

Babak penyisihan berlangsung 5 babak dengan 4 peringkat atas otomatis lolos ke babak semifinal.

Sayang sekali dua wakil Indonesia yang turun di nomor ini IM Irene Kharisma Sukandar dan WIM Dewi AA Citra gagal ke semifinal setelah hanya menempati peringkat 6 dan 8.

Irene dua kali kalah dan Citra malah tiga kali. Saya menduga mereka kelelahan setelah bertarung habis-habisan pada nomor catur standar yang menghasilkan medali emas dan perak untuk Citra dan Irene.

***