Assaubayeva dan Aronian Memimpin Catur Blitz

Masih tersisa 9 babak lagi malam ini untuk menentukan juara dunia Catur Blitz 2021.

Kamis, 30 Desember 2021 | 08:54 WIB
0
115
Assaubayeva dan Aronian Memimpin Catur Blitz
Bibisara Assaubayeva (Foto: Anna Sthourman)

Menarik juga melihat yang memimpin Kejuaraan Dunia Catur Blitz Wanita 2021 pada hari pertama adalah pecatur berusia 17 tahun IM Bibisara Assaubayeva dari Kazakhstan.

Bibisara membukukan 8 poin dari 9 babak hasil dari delapan kali menang dan satu kali kalah. Salah satu partai menangnya didapat saat menundukkan juara dunia Catur Rapid Wanita 2021 GM Alexandra Kosteniuk pada babak ke-6.

Peringkat dua dan tiga sendiri ditempati IM Vaishali R dan GM Humpy Koneru keduanya dari India dengan torehan 7½ dan 7 poin.

Masih ada 8 babak lagi nanti malam untuk menentukan juara dunia Catur Blitz Wanita tahun ini. Jika Bibisara mampu bermain konsisten dia akan mengikuti jejak GM Nodirbek Abdusattorov menjadi juara dunia di usia 17 tahun.

Bercanda Jetlag

Meski sedikit bercanda dengan mengatakan bahwa dirinya masih sedikit jet lag karena datang dari AS akan tetapi GM Levon Aronian sekarang memimpin hari pertama Kejuaraan Dunia Catur Blitz 2021.

Aronian membukukan 10 poin dari 12 babak hasil dari 9 kali menang, satu kali kalah, dan dua kali remis. Berada di peringkat dua dan tiga adalah GM Bassem Amin dengan 9½ poin, dan GM Parham Maghsoodloo dengan 9 poin. Mereka berasal dari Mesir dan Iran.

Juara bertahan GM Magnus Carlsen menempati peringkat ke-8 dengan 8½ poin setelah kalah tiga kali dari GM Bartosz Socko, GM Vladimir Fedoseev, dan GM Shakhryar Mamedyarov masing-masing pada babak 5,6, dan 9. 

"Saya masih punya peluang, saya hanya butuh hari baik besok," ujar Carlsen kepada TV Norwegia setelah remis dengan pecatur muda India GM Erigaisi Arjun pada babak ke-12.

Dua jagoan blitz yang diharapkan menunjukkan kelasnya di turnamen ini GM Hikaru Nakamura dan GM Alireza Firouzja hanya menempati peringkat ke-13 dan 21 pada klasemen sementara.

Masih tersisa 9 babak lagi malam ini untuk menentukan juara dunia Catur Blitz 2021.

***

đź“· Anna Shtourman

đź“· Mark Livshitz