Siapa Pelatih Alireza Firouzja?

Jika Alireza sekarang sukses menembus peringkat 3 dunia, itu bisa dikatakan sebahagian berkat program pelatihan yang diterimanya dari Ivan Sokolov dan juga hasil kerja keras Alireza sendiri.

Jumat, 19 November 2021 | 10:47 WIB
0
121
Siapa Pelatih Alireza Firouzja?
Alireza dan Sokolov (Foto: Twitter)

Siapa pelatih GM Alireza Firouzja sekarang? Terus terang saja saya tidak tahu. Pasti dia adalah seorang pelatih catur hebat yang membuat prestasi Alireza bisa begitu luar biasa belakangan ini. Sudah saya cari tak ketemu.

Tetapi saya tahu GM Ivan Sokolov, pelatih asal Yugoslavia dan saat ini tinggal di Belanda yang menangani tim catur Iran sejak tahun 2016-2018 saat Alireza masih berusia 13 tahun. Dia tahu segalanya tentang para pecatur Iran.

Ivan Sokolov melihat para pecatur negara itu memiliki potensi besar terutama Alireza yang memiliki bakat catur luar biasa.

"Dia berpikir sangat cepat. Koneksi antara otak dan tangannya begitu instan. Firouzja memiliki bakat istimewa dan berpotensi untuk menjadi juara dunia kelak," ramal Sokolov waktu itu.

Sokolov kemudian memberitahu Presiden Federasi Iran tentang bakat catur istimewa Alireza itu. Sokolov tidak lupa untuk mengingatkan bahwa bakat istimewa seperti ini tidak akan bertahan selamanya jika tidak dilatih.

Jadi Sokolov menyarankan kepada mereka untuk meminta pemerintah Iran turun tangan atau mencarikan sponsor untuk Alireza. Ini momentum buat mereka, karena usia seseorang bertambah sangat cepat.

Jika mereka membiarkan momentum ini berlalu maka Alireza akan kehilangan kesempatan untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Namun saat itu tidak ada respon atas usul Sokolov itu.

Alireza menerima sesi pelatihan dari Sokolov sama seperti rekan-rekan Alireza di tim catur Iran. Juga dalam hal dukungan untuk mengikuti turnamen, sama seperti yang diterima pecatur Iran lainnya.

Jika Alireza sekarang sukses menembus peringkat 3 dunia, itu bisa dikatakan sebahagian berkat program pelatihan yang diterimanya dari Ivan Sokolov dan juga hasil kerja keras Alireza sendiri.

"Saya melihat Anand muda dalam diri anak ini. Saya dan Anand berasal dari generasi yang sama dan saya bisa katakan dia memiliki persamaan yang luar biasa dengan Anand saat masih muda," masih puji Sokolov mengagumi bakat alami Alireza.

Sedikit nostalgia sebagai hiburan, WGM Medina Warda Aulia (2375) pernah mengalahkan GM Ivan Sokolov (2595) di babak kedua Japfa GM Tournament 2019 di Yogyakarta. Gak nyambung ya?

***