Polina Shuvalova Juara Dunia Junior Putri U20

Berbeda dengan Polina, peringkat satu dunia junior WIM Zhu Jiner terpuruk pada peringkat ke-38 dengan 6 poin. Hasil buruk ini membuat ratingnya turun drastis dari 2507 menjadi 2468.

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 07:11 WIB
0
226
Polina Shuvalova Juara Dunia Junior Putri U20
Polina Shuvalova (Foto: Amruta Moka

Belum ada sepekan pecatur putri Rusia, WIM Polina Shuvalova memenangi turnamen World Youth Chess Championship 2019 U18 di Mumbai, ia sudah terjun kembali di turnamen World Junior U-20 masih di India namun kali ini di kota New Delhi.

Hasilnya sungguh mengagumkan, Polina tampil sebagai juara setelah dia membukukan 9½ poin dari sebelas babak hasil dari delapan kali menang, tiga kali remis tanpa pernah kalah. Selain gelar juara, Polina juga berhak mendapatkan gelar WGM.

Apa kunci sukses pecatur berusia 18 tahun ini? Stamina adalah rahasianya. Di Mumbai, Polina memainkan 11 babak dan di Delhi juga 11 babak. Juara Moscow Women's Chess Championship 2016 ini mengungkapkan bahwa ia banyak menghabiskan waktu di gym pada pagi hari sebelum pertandingan dan itu membantunya tetap bugar.

Berbeda dengan Polina, peringkat satu dunia junior WIM Zhu Jiner terpuruk pada peringkat ke-38 dengan 6 poin. Hasil buruk ini membuat ratingnya turun drastis dari 2507 menjadi 2468. Entah apa yang terjadi dengan pecatur masa depan China ini. Ia bermain seperti pecatur pemula di Delhi.

Jika IM Zhansaya Abdumalik bermain bagus menghadapi GM Jan Timman di Hoogeveen Match yang saat ini sedang berlangsung di Belanda, dia bisa menggeser posisi Zhu Liren dari peringkat satu dunia junior.

Di kelompok putra, yang juara adalah GM Evgeny Shtembuliak dari Ukraina dengan mencetak 9 poin dari sebelas babak. Dia unggul setengah poin dari peringkat dua di bawahnya yang ditempati oleh pecatur Armenia, GM Shant Sargsyan.

Praggnanandhaa yang diharapkan mampu bersinar di turnamen ini hanya menempati peringkat kesembilan dengan 7 poin. Dia sepertinya kelelahan mengikuti dua turnamen kuat yang waktunya berdekatan. Kalau di Indonesia penyelenggara turnamen ini bisa dipanggil Komisi Perlindungan Anak.

Zhu Jiner 

Walaupun gelarnya masih WIM tetapi rating pecatur China berusia 16 tahun, Zhu Jiner, sudah menembus 2507, rating seorang Grandmaster. Ia juga saat ini menempati peringkat ke-10 dunia.

Tidak mengherankan jika Jiner ditempatkan sebagai unggulan pertama dan favorit juara World Junior Chess Championship Girls U20 yang digelar pada 14-23 Oktober 2019 di New Delhi, India.

WGM Vaishali R (2385), 18 tahun, menjadi andalan India di kelompok putri meski kakak Praggnanandhaa ini hanya ditempatkan di unggulan ke-5 dari 94 peserta yang berasal dari 39 negara.

Pada bagian putra, unggulan pertama ditempati oleh pecatur Iran GM Amin Tabatabaei (2642) disusul oleh duo India GM Murali Karthikeyan (2617) dan GM Chithambaram Aravindh (2609) masing-masing di peringkat kedua dan tiga.

GM Praggnanandhaa (2568) sendiri hanya menempati unggulan kedelapan dari 94 peserta. Secara keseluruhan ada 15 GM dan 31 IM yang bertarung di kategori putra ini. Sayang, Indonesia kembali tidak mengirimkan wakilnya di even yang sangat bergengsi ini.

Partai babak pertama akan berlangsung mulai pukul 17.30 WIB sore ini dan beberapa partainya bisa ditonton secara langsung melalui Follow Chess.

***