5 Tips Memilih Cat Besi Anti Hujan dan Panas

Kamis, 13 April 2023 | 14:31 WIB
0
66
5 Tips Memilih Cat Besi Anti Hujan dan Panas
Sumber: Canva.com

Material logam memiliki kekuatan tinggi dan tahan terhadap api, namun konstruksi logam dapat menjadi kurang kuat ketika terpapar suhu ekstrem. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan cat besi anti panas dan hujan yang dapat menjaga konstruksi dari perubahan suhu yang tinggi.

Cat yang digunakan haruslah tahan panas (heat resistant paint) yang berbeda dengan cat pelapis logam pada umumnya. Cat ini dirancang khusus untuk tahan terhadap suhu tinggi, sehingga dapat melindungi konstruksi yang terpapar oleh perubahan suhu yang berfluktuasi.

Baca Juga: 5 Tips Cara Memilih Cat Besi Anti Panas dan Hujan

Tips Memilih Cat Besi Anti Panas dan Hujan

Berikut adalah 5 tips memilih cat besi anti panas dan hujan yang tepat:

  1. Pilih cat yang tahan terhadap temperatur tinggi, dengan kemampuan menahan suhu lebih dari 100 derajat Celsius. Cat tersebut tidak akan luntur atau rusak ketika terpapar panas, dan dapat melindungi konstruksi besi dari efek yang mungkin timbul akibat paparan panas, serta tahan terhadap suhu dingin.
  2. Perhatikan komposisi bahan dasar cat besi. Pilih cat yang mengandung nitrogen, asam fosfat dan turunannya, atau alkohol polihidroksi. Ketiga bahan tersebut berperan sebagai parameter pelindung cat terhadap suhu tinggi.
  3. Hindari penggunaan cat berbasis air atau minyak. Kedua jenis cat tersebut rentan terhadap melepuh dan mengelupas saat terpapar suhu tinggi. Pilih cat besi dengan formulasi khusus yang menggunakan resin tahan panas untuk menahan suhu tinggi.
  4. Pilih cat yang tahan terhadap karat, terutama jika akan digunakan pada konstruksi di area yang lembab atau sering terkena curah hujan tinggi. Cat yang tahan karat akan melindungi konstruksi besi dengan mencegah terjadinya korosi.
  5. Gunakan jasa aplikator profesional untuk mengaplikasikan cat besi. Proses aplikasi cat pada permukaan besi harus dilakukan dengan benar agar konstruksi besi terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Apa itu Metode Pengecatan Sprayer untuk Besi?

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan memilih cat besi anti panas dan hujan yang tepat, Anda dapat menjaga kondisi besi dalam jangka waktu yang lama dan melindungi aset Anda dari kerusakan akibat perubahan suhu ekstrem.