Apa Sih Salah Pecatur Rusia?

Mereka adalah pecatur profesional. Jadi sangatlah tidak adil bersikap seperti itu sementara yang memutuskan perang bukan mereka.

Kamis, 21 April 2022 | 07:24 WIB
0
259
Apa Sih Salah Pecatur Rusia?
Nikita Vitiugov (Foto: Twitter)

Kemarin Chess.com mengumumkan keputusannya untuk memblokir semua pengguna online yang bermain di bawah bendera Rusia. 

Sebelumnya FIDE juga telah mengeluarkan larangan bagi pecatur Rusia untuk bermain menggunakan bendera negara itu di berbagai turnamen resmi. Jika ingin tetap bermain gunakan bendera FIDE atau pindah federasi!

Padahal 44 pecatur Rusia sudah menandatangani surat kepada Vladimir Putin berisi kecaman atas invasi Rusia ke Ukraina itu. Masih banyak pecatur lainnya selain mereka yang juga tidak setuju dengan perang ini. 

Akhirnya beberapa pecatur Rusia mulai mengambil jalan sendiri. GM Evgeny Romanov misalnya berganti federasi dengan hijrah ke Norwegia.

GM Alexander Predke tidak lagi kembali ke Rusia namun pergi ke Turki setelah mengikuti Grand Prix di Berlin.

GM Dmitry Andreikin juga tidak pulang ke Rusia dari turnamen di Beograd dan memutuskan pergi ke Makedonia di mana dia telah bermain untuk klub catur Alkaloid selama bertahun-tahun. 

GM Vladimir Fedoseev dan GM Kirill Alekseenko baru saja pindah ke Spanyol, mengikuti jejak teman dan kolega mereka GM Daniil Yuffa. 

GM Nikita Vitiugov juga memutuskan untuk tinggal di Spanyol. Dia mengatakan kepada Chesstech bahwa dia saat ini tidak melihat masa depan di Rusia untuk dirinya dan anaknya.

Hanya GM Daniil Dubov yang tetap kembali ke Moskow dari Berlin setelah dia membuat pernyataan berani dalam sebuah wawancara dengan majalah berita Jerman Spiegel. 

CEO World Chess Ilya Merenzon memberitahu Chesstech bahwa perusahaan yang menyelenggarakan Grand Prix itu telah memutuskan hubungan dengan Rusia. 

World Chess Club Moscow sedang dijual. Stafnya telah pindah ke Berlin, Tbilisi dan Israel. 

Agak mengherankan juga sebenarnya melihat tingkah beberapa pecatur yang mengharamkan pecatur Rusia untuk ikut turnamen. Apa sih salah mereka?

Padahal kebanyakan pecatur Rusia ini bermain catur agar asap dapur mereka tetap mengepul. Mereka adalah pecatur profesional. Jadi sangatlah tidak adil bersikap seperti itu sementara yang memutuskan perang bukan mereka.

***