Dubov Positif Covid, Keluar dari Turnamen dan Beri Kemenangan kepada 4 Lawannya

Tes positif Dubov juga turut membuat pusing penyelenggara FIDE Grand Prix yang akan dimulai di Berlin dalam pekan mendatang, yaitu pada Jumat 4 Februari 2022.

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:08 WIB
0
340
Dubov Positif Covid, Keluar dari Turnamen dan Beri Kemenangan kepada 4 Lawannya
Daniil Dubov (Foto: Jurrian Hoesfsmit)

Pecatur asal Rusia GM Daniil Dubov harus meninggalkan turnamen Tata Steel Masters 2022 lebih cepat setelah tes PCR-nya dinyatakan positif Covid. Itu berarti tiga lawan terakhir Daniil masing-masing pada babak 11, 12 dan 13 yaitu GM Richard Rapport, GM Praggnanandhaa R, dan GM Magnus Carlsen dinyatakan sebagai pemenang.

Sebelumnya Dubov memberikan kemenangan kepada Anish Giri setelah menolak mengenakan masker saat menghadapi pecatur Belanda berdarah Nepal tersebut di ronde ke-7. Total Dubov memberikan 4 poin gratis kepada lawan-lawannya di kelompok master Tata Steel 2022.

Keluarnya Dubov dari turnamen catur bergengsi Tata Steel 2022 masters tidak mempengaruhi hasil secara keseluruhan, Magnus Carlsen tetap memimpin perebutan angka bersama Richard Rapport yang berada di posisi ke-3 dan Praggnanandhaa mendapatkan kemenangan di sisa pertandingannya.

Dengan keluarnya Dubov, Carlsen yang tinggal melawan Vidit Santosh Gujhrati pada hari Jumat dan Fabiano Caruana pada hari Sabtu, kini semakin difavoritkan untuk memenangkan turnamen bergengsi itu.

"Mengutip Gary Lineker, semua orang bermain catur, tetapi mereka selalu mendiskusikan Dubov", kata Ian Nepomniachtchi mengomentari kekalahan Dubov saat akan berhadapan dengan Giri, tetapi tidak ada salahnya untuk membahas Dubov lagi.

Setelah kekalahan dari Giri akibat menolak mengenakan masker, Dubov masih dinyatakan negatif virus Corona dan terus bermain dengan hasil imbang melawan Jan Krzysztof Duda dan Jorden van Forest, sebelum akhirnya menderita kekalahan pada 82 langkah melawan Nils Grandelius di Ronde 10. Setelah itu Dubov harus keluar dari turnamen.

Sekeluarnya Dubov setidaknya masih ada pertanyaan yang perlu dijawab, bagaimana "nasib" sisa turnamen akan terpengaruh oleh peristiwa ini. Memang sejauh ini tidak ada peserta yang positif setelah menjalani tes PCR, khususnya terkait perburuan angka. Karena Dubov telah menyelesaikan lebih dari setengah permainannya, hasil sekarang tetap akan berlaku.

Penerima manfaat besar lainnya atas mundurnya Dubov adalah Richard Rapport, yang sekarang bisa dibilang menjadi favorit kedua untuk memenangi turnamen tersebut karena otomatis ia memetik poin penuh dari Dubov di Ronde 11.

Tes positif Dubov juga turut membuat pusing penyelenggara FIDE Grand Prix yang akan dimulai di Berlin dalam pekan mendatang, yaitu pada Jumat 4 Februari 2022. Masih harus dilihat apakah Dubov akan memenuhi syarat untuk bermain dan dapat melakukan perjalanan ke acara di mana dia akan menjadi "starter" (pembuka) di pool bersama Levon Aronian, Vidit dan Vincent Keymer.

Irene Remis, Tim Putri Imbang

Sementara dari Turnamen Gibraltar Chess Battle of the Sexes yang diikuti oleh 10 pecatur putri dan 10 pecatur putra, pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar (2407), kembali bermain remis melawan pecatur Argentina GM Leandro Krysa (2531) pada babak kelima tadi malam.

Dalam format turnamen "Pertempuran Antarjenis Kelamin" ini setiap pemain dari satu tim akan berhadapan dengan setiap pemain dari tim lainnya, begitulah format pertandingan diatur. Secara keseluruhan Tim Pia bermain imbang dengan Tim Sabino 5-5.

Tim dengan jumlah menang terbanyak akan keluar sebagai pemenang. Kapten tim putri adalah GM Pia Cramling disingkat Tim Pia sementara kapten tim putra GM Sabino Brunello atau disingkat Tim Sabino.

Dengan demikian sampai babak kelima Tim Pia masih unggul tipis 25½ - 24½ dari Tim Sabino. Masih tersisa lima babak lagi untuk menentukan pemenang Battle of the Sexes ini.

Hari ini turnamen libur. Pada babak ke-6 yang dimulai pukul 21.00 WIB besok, Irene akan berhadapan dengan pecatur Inggris IM Ravi Haria (2490).

***