Carlsen Juara Tata Steel untuk yang Ke-8 Kalinya

Magnus memang juara membuat ratingnya naik dari 2865 menjadi 2868, tapi target untuk menembus rating 2900 masih sangat jauh.

Minggu, 30 Januari 2022 | 07:51 WIB
0
377
Carlsen Juara Tata Steel untuk yang Ke-8 Kalinya
Magnus Carlsen (Foto: Lennart Ootes)

Pecatur Norwegia yang kini memegang mahkota juara dunia Magnus Carlsen, tampil sebagai juara turnamen Tata Steel untuk yang kedelapan kalinya. Pencapaian Carlsen jauh melampaui prestasi Viswanathan Anand yang "hanya" menjadi juara turnamen bergengsi itu sebanyak lima kali.

Selain menjadi juara, Carlsen juga memetik 3,1 rating points dalam perjalanannya mencapai Elo 2900, yang berarti akan menjadi manusia terkuat yang pernah ada di jagat raya ini.

Shakhriyar Mamedyarov beruntung memanfaatkan blunder Vidit Santosh Gujrathi untuk menduduki posisi kedua bersama Richard Rapport. Sam Shankland mengempaskan Sergey Karjakin dalam 26.

Sementara itu, Arjun Erigaisi, bintang baru India, berhak memperoleh tiket bermain turnamen Tata Steel Masters 2023 setelah menorehkan angka kemenangan 9,5 dari 12 babak.

Soal mental bertanding GM Magnus Carlsen hingga saat ini memang belum ada tandingannya di planet ini. 

Dituntut harus menang dengan buah Hitam tadi malam saat menghadapi GM Fabiano Caruana pada babak ke-12 agar ratingnya tidak turun Magnus tampil sempurna untuk menekuk pecatur AS itu lewat korban kualitas yang memikat pada langkah ke-26.

Setelah menerima korban kualitas itu, Caruana mencoba mengajak pertukaran Menteri pada langkah ke-30 untuk mengurangi tekanan namun dua Gajah aktif Magnus terlalu perkasa untuk dibendung membuat Caruana menyerah pada langkah ke-49.

Selain menambah 3 poin rating, dengan torehan 9½ poin dari 13 babak Magnus juga tampil sebagai juara Turnamen Tata Steel 2022. Ini kemenangan Magnus ke-8 kalinya di turnamen ini.

Magnus memastikan gelar juara satu babak sebelum turnamen berakhir sebab dia akan mendapatkan kemenangan pada babak ke-13 dari GM Daniil Dubov yang positif Covid-19 sehingga tidak dapat melanjutkan pertandingan. 

Magnus memang juara membuat ratingnya naik dari 2865 menjadi 2868. Tapi target untuk menembus rating 2900 masih sangat jauh karena turnamen catur klasik berikutnya yang diikuti Carlsen adalah Superbet Chess Classic bulan Mei dilanjutkan dengan Norway Chess bulan berikutnya.

"I am really glad I love swimming," tulis Magnus di twitternya. Nampaknya juara dunia ini juga tidak terlalu perduli dengan targetnya itu.

***