Harus GM Susanto Juga yang Turun Tangan

Minggu, 9 Mei 2021 | 07:30 WIB
0
197
Harus GM Susanto Juga yang Turun Tangan
Daniel Quizon (Foto: Facebook/Daniel Quizon)

Tidak ada kompromi saat IM Daniel Quizon bertemu dengan kompatriotnya IM Michael Concio Jr di babak ke-8 turnamen Hybrid Chess Championship Zone 3.3 kemarin. Daniel menekuk Michael untuk memimpin turnamen sendirian dengan 6½ poin.

Peluang Daniel untuk menjuarai turnamen ini dan lolos ke Piala Dunia sangatlah besar. Hanya saja pada babak terakhir Daniel akan bertemu lawan maha berat GM Susanto Megaranto! 

Sepertinya harus GM Susanto juga yang turun tangan untuk menghentikan laju pecatur Filipina berusia 17 tahun ini seperti dilakukannya di babak ketujuh SEA Games 2019, saat itu Santo menghabisi Daniel pada kategori Men Blitz.

Tapi jika Daniel bisa menahan Santo remis, bisa dipastikan Daniel akan juara. Masalahnya dia pegang Hitam jadi dia harus hati-hati.

Membuntuti Daniel dengan ketat di peringkat dua dan tiga adalah GM Novendra Priasmoro dan IM Mohamad Ervan dengan 6 poin. Novendra menghabisi harapan Singapura IM Tin Jingyao dan Ervan bermain remis dengan IM Sean Winshand.

Hanya dua tempat yang disediakan di Piala Dunia. Novendra (6) akan ditantang oleh IM Michael Concio Jr (5½) dari Filipina sementara IM Mohamad Ervan (6) berhadapan dengan FM Lik Zang Lye (5) dari Malaysia. Baik Novendra maupun Ervan sama-sama memegang Hitam di babak terakhir ini.

Skenarionya adalah, jika Daniel kalah sementara Novendra dan Ervan menang, maka Indonesia akan punya dua wakil di Piala Dunia mendatang. Jadi mari kita doakan saja agar mereka berdua menang siang ini.

Partai menentukan ini bisa ditonton secara langsung melalui Follow Chess mulai pukul 13.00 WIB.

***