6 Hal yang Bisa Dilakukan Sejak Dini agar Tenang Setelah Pensiun 

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:30 WIB
0
38
6 Hal yang Bisa Dilakukan Sejak Dini agar Tenang Setelah Pensiun 
Sumber: Canva.com

Tahukah Anda bahwa pensiun tetap bisa menyenangkan dan mengasyikkan? Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan di masa pensiun. Menjaga kesehatan tubuh di masa pensiun tentu menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Selain itu, bahkan di masa pensiun, Anda masih dapat dengan nyaman menikmati dan menjelajahi aktivitas favorit Anda. Mulailah melakukan hobi, semangat mengejar komunitas favorit Anda.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini agar Bahagia dan Sehat di Masa Pensiun

Pada artikel ini, kita akan membahas enam hal penting yang dapat Anda lakukan di masa pensiun. Dengan melakukan hal-hal berikut, Anda dijamin hidup bahagia dan sehat di masa pensiun.

6 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tenang di Masa Pensiun

Tidak perlu khawatir masa pensiun akan menjadi masa yang kelam dan tidak menyenangkan. Ternyata dengan berpegang pada enam hal ini, Anda tetap bisa menjalani masa pensiun dengan penuh semangat. Di sini, kami uraikan hal-hal penting yang dapat Anda lakukan untuk bahagia dan sehat di masa pensiun. 

1. Perencanaan Keuangan

Secara umum, masalah keuangan menjadi perhatian utama seseorang menjelang masa pensiun. Pertanyaan apakah keuangan masih mencukupi atau terus bekerja setelah pensiun sering muncul di benak. Untuk berhenti memikirkan keuangan, lebih baik rencanakan keuangan Anda terlebih dahulu.

Untuk melakukan ini, Anda bisa mulai dengan menghitung dan menilai pengeluaran bulanan Anda sejak sebelum Anda pensiun atau berhenti bekerja. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui pengeluaran yang akan Anda perlukan setiap bulannya di masa pensiun.

Atau, Anda dapat memilih untuk mengelola pensiun Anda dalam investasi jangka panjang (reksa dana) atau tabungan. Namun, yang terpenting adalah memiliki asuransi kesehatan. Ini berguna untuk mencegah pengeluaran medis tak terduga di masa pensiun.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat di masa pensiun adalah suatu keharusan. Memang, saat Anda pensiun, tubuh Anda cenderung kurang aktif dibandingkan saat Anda masih bekerja. Jadi ini adalah hal yang penting untuk diingat ketika Anda pensiun.

Pertama, Anda dapat mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum. Meski rasa sakitnya tidak segera muncul, kebiasaan buruk ini lambat laun akan meningkatkan kemungkinan penyakit kronis di kemudian hari. Selain itu, untuk menjaga pola hidup sehat, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki setiap hari. Pastikan tubuh Anda selalu aktif. Anda juga harus memperhatikan kebiasaan makan dan tidur Anda untuk memiliki tubuh yang seimbang keesokan harinya.

3. Cek kesehatan secara berkala

Hal penting berikutnya untuk tetap sehat di masa pensiun adalah melakukan pemeriksaan rutin. 

Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya dua kali setahun. Pemeriksaan kesehatan sangat penting, terutama bagi lansia. Ini agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat sejak awal ketika masalah kesehatan Anda mulai. 

4. Latih Otak Anda

Ketika tiba saatnya untuk pensiun, orang umumnya kurang aktif dan karena itu jarang memikirkan hal-hal yang rumit. Tahukah Anda bahwa otak masih perlu dilatih agar tidak mudah lupa dan sulit berpikir? Meski sudah pensiun, Anda tetap perlu melatih ketajaman otak Anda.

Bermain catur, menonton sepak bola, teka-teki, teka-teki silang, membaca koran, bepergian ke tempat-tempat bersejarah dan unik dapat melatih ketajaman otak. 

5. Jalankan Hal yang Anda Sukai

Orang pasti memiliki kegemaran atau melakukan aktivitas yang sejalan dengan panggilan atau keinginan hati. Mungkin di tempat kerja Anda terpaksa berhenti mengikuti passion dan fokus mengejar karir. Jadi, masa pensiun adalah saat terakhir untuk fokus mengejar passion.

Identifikasi minat terbesar yang ingin Anda kejar dalam hidup. Kemudian, sedikit demi sedikit, Anda bisa mengejarnya di masa pensiun. Misalnya, jika Anda memiliki hobi musik, cobalah berlatih lagi untuk memainkan alat musik favorit Anda. Contoh lain, jika Anda memiliki hobi melukis pemandangan, pergilah ke tempat dengan pemandangan terbaik dari waktu ke waktu dan tuangkan ke dalam cat.

Hobi atau gairah Anda dapat membuat pikiran Anda tetap menyala bahkan setelah Anda pensiun. Hobi Anda juga sangat mungkin berguna bagi orang-orang di sekitar Anda. 

6. Bersosialisasi dengan Sesama

Hal penting terakhir yang harus Anda lakukan adalah bersosialisasi dengan orang lain. Hindari mengunci diri dan tidak ingin keluar rumah saat retret. Menghindari kontak sosial akan berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

Mengapa sosialisasi itu penting? Memang, hampir setiap manusia memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi. Bersosialisasi adalah kebutuhan dasar, seperti halnya makan dan berolahraga.

Agar aktivitas sosial Anda tetap menyenangkan dan menarik, bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Anda dapat berbicara tentang hal-hal sulit kepada orang-orang yang tidak memahami preferensi Anda.

Baca Juga: Tips untuk Menjaga Kesehatan dan Kebahagiaan Lansia

Demikian informasi mengenai hal-hal penting yang bisa Anda lakukan agar tenang semasa pensiun. Semoga artikel ini bermanfaat.