Plat Besi vs Plat Kapal, apa bedanya?

Kamis, 10 Februari 2022 | 11:47 WIB
0
485
Plat Besi vs Plat Kapal, apa bedanya?
plat besi

Pasti kamu familiar dengan istilah plat besi dan plat kapal. Dari segi fisik, nyaris tidak ada perbedaan di antara keduanya. Tapi jelas, kedua jenis plat ini adalah plat yang berbeda. Banyak orang yang masih bingung membedakan antara plat besi / plat hitam dan plat kapal, bagaimana dengan kamu? apa kamu salah satunya?
Jika ya, maka kamu masuk ke artikel yang tepat. Di kesempatan kali ini seputarbesibaja akan mengajak kamu untuk mencari perbedaan antara plat besi dan juga plat kapal. Apa saja? yuk cek ke bawah untuk cari tahu.

Plat besi atau yang sering disebut juga sebagai plat hitam adalah besi yang berbentuk plat dengan permukaan yang polos. Plat besi ini banyak dimanfaatkan untuk hampir segala industri, misalnya otomotif, elektronik, hingga konstruksi. Satu hal yang khas dari plat besi adalah ukurannya. Plat besi / plat hitam memiliki ukuran yang paten, yakni 4′ x 8′ atau 1.2 dan 2.4 m ata seukuran triplek.

Nah itu dia sekilas tentang plat besi yang perlu kamu tahu. Sekarang mari kita bahas tentang plat kapal. Banyak yang mengira bahwa plat kapal adalah plat yang digunakan untuk membuat kapal. Pernyataan ini tentu kurang tepat karena faktanya plat kapal bisa dimafnaatkan untuk berbagai kebutuhan, tidak hanya pmebuatan kapal saja.

Perbedaan utama antara plat besi atau plat hitam dan plat kapal adalah dari segi ukuran standar. Plat hitam, seperti yang sudah dijelaskan tadi, mempunyai ukuran 4′ x 8′ atau sekitar 1,2 x 2,4m. Berbeda dengan plat kapal yang memiliki ukuran standar sebesar 5′ x 20 dan 6′ x 20.

Jadi, perbedaan utama antara plat besi / hitam / eser dengan plat kapal adalah dari segi ukurannya. Untuk plat hitam ukurannya serupa dgn triplek, yakni 4′ x 8′ sedangkan plat kapal lebih besar di ukuran 5′ x 20′ dan 6′ x 20′. Meski dari segi ukuran berberda, keduanya memiliki fungsi yang serupa. Keduanya sering digunakan sebagai alas, fabrikasi pembuatan tandon, lapisan pintu dan pagar, dan lain sebagainya.

Jadi itu dia perbedaan antara keduanya, semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mengetahui perbedaan antara plat besi dan plat kapal yang mungkin kamu belum tahu. Sebenarnya masih ada satu jenis besi lagi yang cukup terkenal yakni besi bordes. Apa perbedaan dengan plat besi dan plat kapal? akan kita bahas di artikel selanjutnya, ya. 

Cari informasi dan tips seputar besi baja menarik lainnya di sini.