Aditya Bagus Arfan Poin Sempurna

Adit demikian biasa dipanggil meraih gelar Candidate Master pada Kejuaraan Catur Antar Pelajar Asia Ke-13 tahun 2017 di Panjin, Tiongkok.

Minggu, 16 Januari 2022 | 06:59 WIB
0
133
Aditya Bagus Arfan Poin Sempurna
Aditya Bagus Arfan (Foto: Mulyadi R.)

Pecatur putri asal DKI Jakarta, Laysa Latifah (1897), gagal membendung laju CM Aditya Bagus Arfan (2235) pada babak ketujuh turnamen catur SCUA FIDE Rated yang berlangsung di SCUA Bekasi kemarin sore.

Laysa memang takluk tetapi itu terjadi setelah dia berjuang keras selama 5 jam lebih dan baru menyerah setelah mereka bertarung sebanyak 133 langkah.

Aditya kini membukukan 7 poin dari tujuh babak untuk memimpin sendirian di peringkat atas klasemen sementara terpaut satu setengah poin dari peringkat dua di bawahnya yang ditempati oleh FM Johan Gunawan dengan 5½ poin.

Melihat dominasi Aditya di turnamen ini rasanya pecatur berusia 15 tahun ini akan mampu menyapu bersih dua babak tersisa.

Sedikit kilas balik ke belakang, pada Desember 2017 Novendra Priasmoro dan Aditya Bagus Arfan terpilih masuk program United Tractors Inspiring Youth.

Melalui bantuan pendanaan dari perusahaan ini, Novendra ditargetkan meraih gelar GM pada tahun 2020, sementara Aditya pada 2025. Pada bulan Februari 2020 Novendra sudah meraih gelar GM. Sekarang tinggal Aditya.

Adit demikian biasa dipanggil meraih gelar Candidate Master pada Kejuaraan Catur Antar Pelajar Asia Ke-13 tahun 2017 di Panjin, Tiongkok.

Menurut catatan saya, tolong dikoreksi jika salah, Adit sudah meraih gelar FM di turnamen catur Third Saturday Djenovici MNE FM II tahun 2019. Hanya saja hingga saat ini ratingnya masih belum mencapai 2300 sehingga gelar itu belum bisa disematkan di depan namanya.

Sejauh ini Aditya sudah meraih 52 poin di turnamen ini sehingga Elo ratingnya sekarang naik menjadi 2287. Saya belum tahu apakah dengan memenangkan dua babak tersisa Adit bisa meraup 13 poin lagi.

Lawan Adit di babak ke-8 pagi ini adalah Eko Hudi Saputra (2036).

***