Susanto Megaranto Buka Peluang ke Piala Dunia

Duel hari kedua Japfa Grandmaster Match ini akan disiarkan secara langsung di akun Youtube Japfa dimulai pukul 9.00 WIB.

Rabu, 19 Mei 2021 | 09:09 WIB
0
146
Susanto Megaranto Buka Peluang ke Piala Dunia
Susanto Megaranto (Foto: Media Indonesia)

Meski gagal di turnamen Hybrid Chess Championship Zone 3.3 pekan lalu, namun peluang pecatur Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2021 masih belum pupus.

Berkat perubahan regulasi turnamen, Indonesia mendapatkan 1 wild card untuk pecatur putra untuk berlaga di Piala Dunia Catur pada 10 Juli - 6 Agustus 2021 mendatang di Sochi, Rusia, karena Indonesia termasuk di dalam top 40 dunia.

Percasi bisa saja menunjuk GM Susanto Megaranto untuk mewakili Indonesia ke Sochi, karena dia adalah pecatur nomor satu Indonesia saat ini. Namun akhirnya diputuskan untuk melakukan seleksi dengan mengikut sertakan GM Novendra Priasmoro sebagai bintang baru catur Indonesia.

Dua pecatur GM peringkat satu dan dua Indonesia ini lantas diadu dalam ajang yang diberi nama Japfa Grandmaster Duel Match yang digelar di Sekolah Catur Utut Adianto, Bekasi, pada 18-19 Mei 2021.

Mereka akan bermain 4 babak catur klasik dengan waktu pikir 90 menit ditambah 30 detik increment.

Jika hasilnya imbang akan digelar babak tambahan sudden death dengan Putih dapat 5 menit dan Hitam 4 menit. Jika hasilnya remis, Hitam dinyatakan sebagai pemenang.

Pada hari pertama yang berlangsung dua babak kemarin, Susanto Megaranto untuk sementara memimpin laga dengan skor 1½-½ hasil dari satu kali menang di laga pertama dan satu kali remis pada laga kedua. Ia tinggal membutuhkan 1 poin lagi untuk memenangkan duel yang bisa didapat lewat satu kemenangan atau dua kali remis dari dua babak tersisa.

Novendra Priasmoro sendiri harus mampu membalas agar bisa memenangkan pertarungan sebab pemenang turnamen ini bisa juga dipandang sebagai ukuran untuk menentukan pecatur nomor satu Indonesia saat ini.

Pertarungan antara Susanto dan Novendra ini seperti taruhan uang USD 3.750 atau sekitar 54 juta rupiah, karena uang sebesar ini nanti yang akan didapatkan pemain jika gugur di babak pertama Piala Dunia.

Duel hari kedua Japfa Grandmaster Match ini akan disiarkan secara langsung di akun Youtube Japfa dimulai pukul 9.00 WIB babak ketiga dengan dipandu oleh IM Irene Kharisma Sukandar dan WIM Chelsie Monica Sihite. Linknya bisa dilihat di kolom komentar.

(Foto: Kristianus Liem)

***