Alexander Grischuk Juara GP Hamburg

Pecatur Rusia ini sekarang sudah bisa dipastikan lolos ke Turnamen Kandidat 2020 yang akan berlangsung di kota Yekaterinburg, Rusia, pada 15 Maret hingga 5 April 2019 mendatang.

Senin, 25 November 2019 | 14:26 WIB
0
303
Alexander Grischuk Juara GP Hamburg
Grischuk melompat kegirangan (Foto: Chess24)

Pecatur Rusia berusia 36 tahun, GM Alexander Grischuk, tampil sebagai juara FIDE Grand Prix Hamburg tadi malam setelah menaklukkan GM Jan-Krzysztof Duda di babak tiebreak dengan skor 2½-1½.

Duda sempat membuat hati komunitas catur di Polandia berbunga-bunga setelah menang pada laga pertama catur cepat 25 menit. Namun Grischuk segera membalasnya pada laga kedua.

Situasi berbalik pada tiebreak catur cepat 10 menit. Kali ini Grischuk yang menang di laga pertama sementara Duda gagal membalas pada laga kedua setelah ia hanya mampu memaksakan hasil remis.

Berkat kemenangan ini, GM Alexander Grischuk kini memimpin klasemen dengan 20 poin, tetapi di Hamburg adalah turnamen terakhir baginya karena setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti tiga dari empat seri GP ini.

Meski demikian Grischuk sekarang sudah bisa dipastikan lolos ke Turnamen Kandidat 2020 yang akan berlangsung di kota Yekaterinburg, Rusia, pada 15 Maret hingga 5 April 2019 mendatang.

Satu jatah lagi akan diperebutkan antara GM Maxime Vachier-Lagrave (13) GM Shakhriyar Mamedyarov (10) dan GM Ian Nepomniachtchi (9) yang akan berlaga di seri terakhir GP Yerusalem bulan Desember nanti. Pertarungan di leg terakhir ini bisa dipastikan akan berlangsung sengit.

Catur Cepat

Dua partai babak final FIDE Grand Prix seri ke-3 di Hamburg antara pecatur Polandia GM Jan-Krzysztof Duda dengan GM Alexander Grischuk dari Rusia berakhir dengan remis.

Untuk menentukan pemenang, mereka akan memainkan partai tiebreak dua babak catur cepat 25 menit + 10 detik increment. Jika hasilnya imbang akan digelar dua partai catur cepat 10 menit + 10 detik increment.

Jika tetap masih imbang juga pertandingan dilanjutkan kembali dengan dua partai catur blitz 5 menit + 3 detik. Partai Armageddon akan menjadi partai penentuan jika hasilnya masih imbang sampai salah satu dari mereka KO.

***