Abimanyu dan Vishy Sama-sama Gigit Menggigit

Abimanyu juga sempat menyulitkan Ding Liren pada babak ke-2 sebelum kalah karena blunder.

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:16 WIB
0
38
Abimanyu dan Vishy Sama-sama Gigit Menggigit
Viswanathan Anand (Foto: Lennart Ootes)

Dua pecatur asal China GM Wei Yi dan GM Ding Liren tampil bagus pada hari pertama Chessable Masters yang berlangsung 4 babak dini hari tadi.

Wei Yi sekarang memimpin sendirian dengan 10 poin hasil dari 3 kali menang dan 1 kali remis. Pada turnamen ini menang dihitung 3 poin, remis 1 poin dan kalah 0 poin.

Berada di peringkat dua, tiga, dan empat adalah GM Ding Liren, GM Anish Giri dan GM Magnus Carlsen dengan 8 poin.

Peraih gelar GM termuda di dunia Abimanyu Mishra tampil mengejutkan saat menekuk GM Shakhryar Mamedyarov pada babak ke-4 dan GM Eric Hansen pada babak ke-3. 

Abimanyu juga sempat menyulitkan Ding Liren pada babak ke-2 sebelum kalah karena blunder. Dengan dua kemenangan ini Abimanyu berhasil meraup bonus menang sebesar USD 1.500 atau sekitar 22 juta rupiah.

Hanya 8 pecatur terbaik nanti yang akan lolos ke babak knockout setelah mereka bermain 15 babak.

Masih Mengigit

Meski usianya sudah 52 tahun, GM Vishy Anand masih mampu bermain catur cepat seperti di masa mudanya dengan memenangi tiga partai pertamanya di The Superbet Rapid yang digelar di Warsawa, Polandia tadi malam. 

Korban Anand adalah GM Radoslaw Wojtaszek, GM Wesley So dan GM Anton Korobov yang ditekuknya pada babak 1,2 dan 3. 

Awal yang sempurna dari Anand ini membuatnya memimpin sendirian dengan 6 poin. The Tiger from Madras ini dibuntuti oleh Aronian, Caruana, dan Duda dengan 4 poin pada peringkat dua, tiga, dan empat. 

Di Rapid ini menang dihitung 2 poin, remis 1 poin, dan kalah 0 poin.

Pada babak ke-4,5 dan 6 malam ini Anand akan berhadapan dengan GM Kirill Shevchenko, GM Levon Aronian, dan GM Jan-Krzysztof Duda.

Partai mereka bisa ditonton secara langsung lewat Follow Chess dimulai pada pukul 19.00 WIB.

***