Upacara Aqiqah sesuai Ajaran Islam

Kamis, 21 Juli 2022 | 13:18 WIB
0
46
Upacara Aqiqah sesuai Ajaran Islam
aqiqah

Bagaimana Aqiqah dilakukan menurut Islam?

Pada hari ketujuh setelah lahir, kepala bayi dicukur. Ini disebut Aqiqah dan dilakukan sebagai bagian dari upacara pemberian nama bayi. Banyak Muslim menganggap Aqiqah diinginkan, tetapi beberapa menganggapnya wajib. Di Aqiqah, orang tua bersyukur kepada Allah atas karunia bayinya.

Apa saja aturan Aqiqah?

Jika penyembelihan tidak dapat dilakukan pada hari Sabtu, seseorang dapat menyembelih pada tanggal empat belas atau dua puluh satu. Jika tidak mampu, boleh menyembelih kapan saja sebelum anak itu baligh.

3 bagian acara aqiqah

Biasanya ada tiga bagian dalam upacara aqiqah. Pertama, kepala anak dicukur. Seringkali, potongan rambut melambangkan status spiritual baru dalam budaya dan agama tertentu. Kedua, ada nama resmi untuk anak tersebut. Akhirnya, seekor kambing atau domba dikorbankan.

Bagaimana cara melaksanakan aqiqah dalam islam?

Untuk seorang gadis kecil, seekor kambing diqurbankan. Daging hewan qurban kemudian dibagi di antara anggota keluarga yang melakukan qurban. Kemudian diberikan kepada fakir miskin dan yang membutuhkan. Untuk keluarga dan teman, pesta biasanya diadakan untuk merayakan kelahiran bayi dan berbagi daging.

Mengapa dilaksanakan Aqiqah?

Alasan terpenting melaksanakan ibadah Aqiqah adalah bagi umat Islam sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah (Tuhan) karena kelahiran bayi. Orang tua mengundang teman dan keluarga untuk merayakan dan bergabung dengan mereka untuk bersyukur kepada Allah. Mereka berbagi makanan khusus bersama. Teman dan keluarga dapat membawa hadiah untuk si bayi.

Ketentuan Kambing Aqiqah

Hewan ternak yang biasa digunakan buat aqiqah merupakan hewan ternak seperti kambing/domba. Tetapi dapat pula memakai hewan ternak lain. Hewan yang dipilih tidak boleh sembarangan sebab wajib sesuai dengan ketentuan hewan qurban selaku berikut:

  • Bila memakai kambing hingga kambing wajib sempurna berumur satu tahun serta dapat pula yang mulai masuk 2 tahun.
  • Bila hewan yang digunakan merupakan domba, hingga dikatakan sempurna bila telah berumur 6 bulan serta masuk bulan ketujuh.
  • Diantara hewan– hewan tersebut, tidak terdapat anggota tubuh hewan yang cacat ataupun berpenyakit.
  • Sehabis disembelih, dagingnya tidak boleh diperjual belikan.

Bisakah seekor sapi disembelih untuk Aqiqah?

Kondisi hewan aqiqah sama dengan hewan qurban. Hewan yang akan disembelih harus kambing, sapi atau unta. Hewan harus disembelih dengan cara yang manusiawi.

Kapan sebaiknya kita melakukan Aqiqah?

Waktu qurban harus dilakukan pada hari ketujuh pasca persalinan, tetapi jika ditunda beberapa saat setelah itu, akan tetap dilakukan sesuai syariat Islam.

Dalam menyelenggarakan acara Aqiqah jika ingin lebih praktis dan tidak repot adalah dengan menggunakan jasa antara lain Aqiqah Nurul Hayat yang akan membantu melaksanakan acara aqiqah sejak penyembelihan hewan qurban, memasak daging hingga mendistribusikannya.