Dewi Citra Rebut Medali Emas, Sekaligus Raih Norma WGM Terakhir

Berapa bonus peraih medali emas di SEA Games 2021? Pemerintah sejauh ini belum mempublikasikannya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:13 WIB
0
445
Dewi Citra Rebut Medali Emas, Sekaligus Raih Norma WGM Terakhir
Dewi Citra (Foto: Kristianus Liem)

Akhirnya Indonesia merebut medali emas pertama dari nomor catur standard SEA Games 2021 di Hanoi, Vetnam setelah WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra

 bermain remis dengan WGM Janelle Mae Frayna di babak terakhir yang sangat menentukan.

Medali perak dan perunggu masih menunggu partai antara IM Irene Kharisma Sukandar dengan pecatur Malaysia WIM Puteri Munajjah Az-Zahraa dan partai WGM Hoang Thi Bao Tram dari Vietnam dengan WFM Tan Li Ting selesai.

Berapa bonus peraih medali emas di SEA Games 2021? Pemerintah sejauh ini belum mempublikasikannya. 

Berkaca pada SEA Games sebelumnya tahun 2019 di Filipina para atlet peraih medali emas perorangan di pesta olahraga Asia Tenggara ini dihargai Rp500 juta untuk emas, Rp300 juta perak dan Rp150 juta perunggu.

Raih Norma WGM Terakhir 

Setelah merebut medali emas pada nomor catur standard SEA Games 2021, Dewi Ardhiani Anastasia Citra yang  berparas cantik ini juga meraih norma WGM terakhirnya di pesta olahraga Asia Tenggara itu.

Menurut Bunawan Bong yang saya minta pendapatnya, dengan torehan 7 poin dari 9 babak sudah lebih dari cukup bagi Citra untuk meraih norma itu.

Norma WGM pertama diraih Citra di Czech Open pada 21-29 Juli 2017 disusul norma WGM kedua di turnamen Third Saturday 54 di Novi Sad, Serbia tanggal 12-18 November 2017.

Dewi Citra juga sudah pernah mencapai rating 2300, rating minimum untuk bisa mendapat gelar WGM selain tiga norma tadi. Sekarang tinggal di apply ke FIDE untuk bisa disahkan secara resmi.

Dengan demikian Indonesia bakal memiliki tiga pecatur wanita bergelar WGM. Dua lagi adalah Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia. 

Selamat ulang tahun juga buat Citra yang genap berusia 28 tahun hari ini.

Ervan dan Irene Rebut Perak

Kekalahan diluar dugaan pecatur asal Malaysia IM Yeoh Li Tian dari pecatur Thailand CM Prin Laohawirapap pada babak terakhir SEA Games 2021 Hanoi membuat IM Mohamad Ervan yang bermain remis dengan GM Tran Tuan Minh dari Vietnam berhasil merebut medali perak.

Di bagian putri IM Irene Kharisma Sukandar juga meraih medali perak setelah menekuk pecatur Malaysia WIM Azhar Puteri Munajjah.

Rasanya tidak perlu lagi dibahas proses bagaimana cara mereka merebut dua medali perak ini. Yang jelas penuh perjuangan dan sangat menguras stamina.

Besok pagi cabor catur akan memulai nomor Individual Rapid Chess Open dan Putri. Indonesia menurunkan 4 atletnya di nomor ini.

GM Susanto Megaranto dan IM Azarya Jodi Setyaki akan bertarung di kategori Open sementara IM Irene Kharisma Sukandar dan WIM Dewi AA Citra bermain di bagian Putri.

Pagi hari akan berlangsung 3 babak dimulai pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan sore hari juga dengan 3 babak pada pukul 16.00 WIB.

***