Humpy Koneru Juara Dunia Catur Rapid Wanita 2019

Humpy berhenti bermain catur pada tahun 2016 selama hampir dua tahun ketika ia menjadi seorang ibu dan harus merawat putrinya yang masih kecil.

Minggu, 29 Desember 2019 | 09:48 WIB
0
564
Humpy Koneru Juara Dunia Catur Rapid Wanita 2019
Humpy Koneru (Foto: Lennart Ootes)

Ini berita besar untuk catur India. Jika Magnus berhasil merebut gelar juara dunia catur rapid di kelompok pria, maka GM Humpy Koneru melakukannya di kelompok wanita.

Humpy mencetak 9 poin dari 12 babak namun pecatur wanita nomor satu India ini tidak sendirian melakukannya karena ada GM Lei Tingjie dari China dan pecatur Turki IM Ekaterina Atalik yang juga menorehkan poin sama.

Karena Humpy dan Lei Tingjie mempunyai skor tiebreak lebih baik, mereka harus menjalani playoff catur blitz 3+2 dua kali untuk menentukan juara.

Hasilnya Humpy kalah di partai pertama dengan Putih. Dalam situasi harus menang pada laga kedua, Humpy memutuskan untuk membuat permainan menjadi rumit sebanyak yang ia bisa. Lei Tingjie ternyata tidak mampu untuk menangani komplikasi, dia melakukan kesalahan dan Humpy menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dengan demikian pertandingan harus diselesaikan lewat partai pamungkas Armageddon di mana Humpy pegang Hitam. Hasil imbang sudah cukup bagi Humpy untuk memenangkan pertandingan.

Humpy bermain bagus dengan membangun posisi menang. Lei Tingjie tidak mampu mengimbangi sehingga Tingjie mengulangi posisi melihat bahwa ia sama sekali tidak memiliki peluang untuk menang.

Ini merupakan tahun yang amat luar biasa bagi Humpy yang telah menjuarai Grand Prix wanita di Skolkovo, meraih tempat kedua di Grand Prix Monako dan sekarang merebut gelar juara dunia catur cepat di Moscow.

Kisah comeback-nya adalah inspirasi untuk semua orang. Humpy berhenti bermain catur pada tahun 2016 selama hampir dua tahun ketika ia menjadi seorang ibu dan harus merawat putrinya yang masih kecil.

Begitu putrinya menginjak usia 2 tahun, Humpy Koneru memutuskan untuk kembali bermain catur. Humpy melakukannya pada tahun 2018 di Olimpiade Catur Batumi dan sekarang dalam waktu hanya satu tahun ibu rumah tangga ini telah menjadi seorang juara dunia untuk pertama kalinya.

Jalannya duel antara Lei Tingjie (putih) melawan Humpy Koneru (hitam) yang berakhir remis:

Diagram posisi terakhir:


 ***