Novendra Priasmoro Masih Berpeluang ke Piala Dunia

Total jumlah hadiah tang diperebutkan adalah sebesar USD 16.000 atau sekitar 227 juta rupiah dengan juara pertama mendapat hadiah uang sebesar USD 5.000 atau sekitar 71 juta rupiah.

Jumat, 21 Mei 2021 | 07:06 WIB
0
154
Novendra Priasmoro Masih Berpeluang ke Piala Dunia
Novendra Priasmoro (Foto: Kristianus Liem)

Meskipun gagal membendung GM Susanto Megaranto di Japfa Grandmaster Duel Match yang digelar di Sekolah Catur Utut Adianto, Bekasi, kemarin namun peluang GM Novendra Priasmoro untuk tampil di Piala Dunia 2021 belum sirna. 

Masih ada jalur lain untuk tampil di Sochi, Rusia, bulan Juli mendatang melalui Asian Continental Open Chess Championship 2021 yang akan digelar pada 21-30 Mei 2021, dengan format FIDE Hybrid Chess.

Turnamen ini bisa diikuti oleh Federasi Catur yang tergabung pada Zona FIDE 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6 dan 3.7. Itu artinya pecatur dari China, Australia, Uzbekistan, Iran, Mongolia dan Kazakshtan juga dipersilahkan mengirimkan wakil-wakilnya.

Hanya tidak semua pecatur top dari negara-negara tersebut ikut berpartisipasi. Cuma ada empat pecatur yang memiliki rating di atas 2600 yang turun. Selain itu unggulan pertama sampai ketujuh sudah terlebih dahulu lolos ke Piala Dunia dari jalur lainnya.

Dengan demikian peluang Novendra untuk merebut satu dari 8 tiket yang tersedia masih terbuka lebar jika dia mampu memanfaatkannya dengan baik.

Selain Novendra, pecatur Indonesia lainnya yang ikut di turnamen ini adalah GM Susanto Megaranto, IM Yoseph Theolifus Taher, IM Muhammad Lutfi Ali, FM Pitra Andika, IM Azarya Jodi Setyaki, IM Mohamad Ervan, dan Aditya Bagus Arfan.

Kenapa Susanto masih ikut, bukankah ia sudah lolos dua hari lalu? Jawabannya karena turnamen ini berhadiah. Selain itu bisa juga dimanfaatkan sebagai ajang uji coba sebelum terjun ke Piala Dunia nanti.

Format turnamen adalah catur standar online dengan waktu pikir 90 menit untuk 40 langkah pertama ditambah 30 menit untuk keseluruhan pertandingan plus 30 detik increment dimulai dari langkah pertama.

Total jumlah hadiah tang diperebutkan adalah sebesar USD 16.000 atau sekitar 227 juta rupiah dengan juara pertama mendapat hadiah uang sebesar USD 5.000 atau sekitar 71 juta rupiah.

Pecatur Indonesia sendiri akan bermain dari SCUA Bekasi. Partai babak pertama bisa ditonton secara langsung lewat Follow Chess pukul 13.00 WIB siang ini.

***