Magnus Beri Sinyal Mundur dari Kejuaraan Dunia

Magnus Carlsen tidak punya rencana untuk berhenti bermain catur. Tahun 2022 dia akan tetap tampil di banyak turnamen.

Selasa, 19 April 2022 | 07:37 WIB
0
235
Magnus Beri Sinyal Mundur dari Kejuaraan Dunia
Magnus Carlsen (Foto: Bjørn S. Delebekk)

Dalam sebuah wawancara dengan media Norwegia baru-baru ini GM Magnus Carlsen mengatakan bahwa jika ada yang mengharapkan dia tetap tampil pada kejuaraan dunia berikutnya maka mereka harus siap-siap untuk kecewa.

Wawancara itu berlangsung saat Magnus sedang memperpanjang perjanjian sponsornya dengan perusahaan operator judi online Unibet.

Magnus mengatakan bahwa tidak umum bagi seseorang untuk menyerahkan gelar juara dunia begitu saja tapi masih terus bermain di level teratas olahraga yang digelutinya. Tetapi itulah yang terjadi dengan Carlsen saat ini. 

Setelah kemenangan tahun 2018 atas GM Fabiano Caruana, dia sebenarnya telah membuka wacana untuk tidak mempertahankan gelarnya.

Namun Magnus masih tetap bermain melawan GM Ian Nepomniachtchi pada kejuaraan dunia bulan November 2021, tetapi segera mengatakan bahwa itu mungkin akan menjadi pertandingan kejuaraan dunia terakhirnya. 

Sekarang Carlsen membuat pernyataan sangat jelas bahwa dia tidak lagi ingin mempertahankan gelar juara dunianya.

"Saya harus mengakui bahwa ada saat-saat setelah kejuaraan dunia di mana saya sedikit menyesali apa yang saya ucapkan saat itu, mengapa saya tidak membuatnya mudah dengan mengatakan saja saya sudah selesai," ujarnya.

Pelatihnya GM Peter Heine Nielsen menulis di Skakbladet Denmark bahwa Carlsen sudah tidak lagi memiliki motivasi setelah memenangkan lima kali pertandingan kejuaraan dunia berturut-turut pada 2013, 2014, 2016, 2018 dan 2021. 

"Jika karier juara dunia Carlsen berakhir di sini, itu benar-benar terjadi di puncak permainannya," tulis Peter.

Meskipun begitu Magnus Carlsen tidak punya rencana untuk berhenti bermain catur. Tahun 2022 dia akan tetap tampil di banyak turnamen. 

"Saya masih pemain catur aktif, masih suka main catur dan Peter masih tetap membantu saya," tegas Carlsen.

Ketika Magnus telah memutuskan sesuatu, biasanya akan terbukti seperti itu dan tidak ada satu orang pun yang bisa mencegahnya.

***