Inilah Alasan Mengapa Harga Ikan Koi Begitu Mahal

Sabtu, 14 Maret 2020 | 03:33 WIB
0
471
Inilah Alasan Mengapa Harga Ikan Koi Begitu Mahal
S Legend, Ikan koi termahal di dunia

Ikan koi harganya mahal?  Tapi kenapa? Apa yang membuat koi istimewa? Pertanyaan-pertanyaan ini selalu mengganggu pikiran banyak orang..

Pengetahuan tentang Koi yang berkualitas dan pengalaman bertahun-tahun dalam memelihara koi,hanya segelintir orang  yang memilikinya. Oleh karena itu, pasokan ikan Koi yang berkualitas baik tidak berlimpah seperti ikan lain dan itu membuatnya mahal.

Ikan Koi Dibiakkan Secara Selektif

Ikan Koi yang baik bukanlah hasil dari pembiakan acak atau asal-asalan. Karena jika Anda membiakkannya secara acak, Anda sama sekali tidak akan mendapatkan warna dan pola yang diinginkan pada keturunannya.

Induk Koi dipilih setelah melalui pengamatan yang ketat. Peternak koi (breeder) menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka untuk memilih induk koi (oyagoi) dan hanya sedikit yang punya kualitas baik sebagai indukan.

Tidak Semua burayak dibesarkan 

Untuk setiap 1 kg berat badan, seekor Koi betina dapat bertelur hingga 100.000 telur. Meskipun tingkat penetasan tinggi, namun tidak semua benih Koi dipilih.

Ketika ikan Koi berukuran sekitar 1 inci, mereka diseleksi oleh peternak. Seekor burayak hanya dipilih ketika peternak melihat beberapa indikasi warna dan pola yang baik. Dalam proses ini, hanya 2% hingga 5% benih yang dipilih untuk dibesarkan  metode dan perawatan khusus.

Koi perlu makanan tambahan

Koi Membutuhkan Makanan Berkualitas agar dapat tumbuh Besar. Sejak  burayak hingga usia dewasa, dibutuhkan makanan berkualitas agar bagus pertumbuhannnya. Makanan berkualitas juga diperlukan untuk meningkatkan warna yang baik.

Para peternak menggunakan bahan makanan berkualitas dalam jumlah yang tepat untuk diet Koi yang membantu menambah berat badan

Namun pertumbuhan ikan Koi sangat bergantung pada makanan alami. Karena ikan Koi adalah omnivora, mereka memakan organisme tanaman dan hewan. Oleh karena itu, kolam harus memiliki persediaan yang cukup untuk Koi.

Kolam Koi alami (mud pond)

Ikan Koi membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh secara maksimal. Populasi tidak boleh padat padaseperti pada kolam ikan di tumah. Ikan Koi muda yang terpilih dipindahkan ke kolam alami yang besar dan populasinya dijaga sangat rendah.

Hal ini untuk memastikan bahwa lingkungan pertumbuhan yang baik dan makanan alami yang cukup untuk semua Koi. Makanan tambahan juga diberikan.

Ikan Koi Diimpor

Hampir setiap ikan Koi berkualitas berasal dari Jepang. Membeli ikan Koi dari Jepang tenbtu harganya menjadi makin mahal karena biaya kirim dan resiko keselamatan yang tinggi.

Selain itu, importir harus membayar pajak impor, akibatnya, Koi bisa dua kali lebih mahal di negara Anda daripada di Jepang.

Perantara Industri

Harga ikan Koi naik karena adanya perantara di industri ini karena mereka selalu ingin margin keuntungan tinggi.  Tetapi memang benar bahwa merekalah yang membawa ikan Koi yang luar biasa sampai ke rumah kita.

Jika Anda secara langsung ingin membeli Koi dari peternak Jepang, Anda masih membutuhkan perantara untuk negosiasi yang baik dengan peternak.

Ikan Koi Berkualitas Bisa Mahal

Terlepas dari semua ini, beberapa ikan Koi bisa mahal karena kualitas yang sangat baik, Koi mahal karena warna, tanda dan pola khusus yang dimilikinya.

Koi adalah Ikan Hias Paling Mahal
Seekor ikan Koi betina bernama S Legend adalah Ikan Koi termahal sampai sekarang. Yaitu dijual seharga £ 1,4 juta.atau setara Rp. 27 Miliar.

#gilakoi