Implikasi dan Sanksi bagi Indonesia Bila FIFA Batalkan Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023

Kita berharap masih ada peluang Indonesia untuk tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 yang sudah kita persiapkan selama empat tahun ini.

Senin, 27 Maret 2023 | 12:19 WIB
0
108
Implikasi dan Sanksi bagi Indonesia Bila FIFA Batalkan Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023
Tim sepak bola Israel

“Implikasi dan Sanksi yang Akan Diterima Indonesia Bila FIFA Batalkan Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023”

Menurut sebuah sumber FIFA sudah melayangkan sebuah surat untuk membatalkan penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 kemarin dan PSSI langsung berkoordinasi dengan Pemerintah menyikapi situasi dan kondisi yang terjadi.

Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali, yang juga pecinta dan pencinta Timnas Sepakbola Indonesia, sangat sedih dan prihatin dengan kabar buruk tersebut.

“Setahu saya cuma pembatalan drawing (undian) babak penyisihan grup, bukan pembatalan sebagai tuan rumah,” ungkap Akmal pada Minggu (26/3) malam usai Sholat Tarawih.

Akmal sangat menyanyangkan penolakan secara mendadak oleh Gubernur Bali I Wayan Koster untuk acara drawing tersebut yang rencananya dilakukan di wilayahnya dalam beberapa hari ini.

Pernyataan politik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menurut Akmal, juga makin memperkeruh situasi.

“Seharusnya para politikus tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan (politik) yang merugikan kita sebagai tuan rumah, terlebih lagi penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U23 2023 tinggal sebentar lagi. Sebab sportivitas olahraga tak bisa dicampur aduk dengan masalah politik,” tutur Akmal dengan nada sedih dan getir membayangkan Indonesia gagal jadi tuan rumah karena ulah para politikus sebab ini pertama kalinya Indonesia dipercaya FIFA jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Resmi FIFA.

Menurut Akmal masa depan olahraga Indonesia, terutama sepakbola, akan sangat suram dan terkucilkan dari pergaulan olahraga dunia.

Ada sejumlah implikasi dan sanksi bila itu benar-benar terjadi. Berikut, menurut Akmal, implikasi dan sanksi BILA INDONESIA BATAL GELAR PIALA DUNIA U-20 DAN DI-BANNED FIFA:

1. Timnas Israel masih bisa berlaga di event Internasional.

2. Timnas Palestina pun masih bisa berlaga di event Internasional.

3. Suporter Israel masih bisa happy lihat timnas-nya main.

4. Suporter Palestina pun masih bisa happy lihat timnas-nya main.

5. Konflik Israel-Palestina masih saja terjadi meski Palestina sudah menyatakan kemerdekaannya pada 15 November 1988.

6. Suporter sepakbola Indonesia gigit jari.

7. Bangsa Indonesia dikucilkan dalam pergaulan olahraga internasional dan Indonesia tak dipercaya masyarakat dunia. 

Kita berharap masih ada peluang Indonesia untuk tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 yang sudah kita persiapkan selama empat tahun ini.

Semoga saja ada keajaiban. 

***