Karjakin Tabur Angin, Dia Pulalah Yang Tuai Badainya

FIDE tegas menyatakan bahwa mereka mengutuk setiap pernyataan publik dari setiap anggota komunitas catur yang mendukung tindakan militer yang tidak dapat dibenarkan.

Kamis, 3 Maret 2022 | 15:18 WIB
0
214
Karjakin Tabur Angin, Dia Pulalah Yang Tuai Badainya
Sergey Karjakin (Foto: Twitter.com)

Siapa yang menabur angin, akan menuai badai. Ungkapan ini sekarang seperti pas betul ditujukan kepada GM Sergey Karjakin.

Peraih gelar GM termuda di dunia ini sangat vocal mendukung invasi Rusia ke Ukraina lewat media sosial miliknya. 

Karjakin juga terang-terangan menulis surat dukungan pribadi secara langsung kepada Putin yang juga diunggah lewat akun twitternya membuat komunitas catur dunia marah. 

Norway Chess, turnamen yang dimenangkan Karjakin dua kali tahun 2013 dan 2014 dan telah diikutinya sebanyak 5 kali itu langsung bereaksi keras dengan menyatakan tidak akan lagi mengundang pecatur Rusia itu di turnamen yang digelar tahun ini.

Ketua penyelenggara Kjell Madland menegaskan, Karjakin tidak lagi diterima di Stavanger karena lebih memilih untuk mendukung presiden yang bertanggung jawab atas tindakan perang yang kejam terhadap bangsa lain dan orang-orang yang tidak bersalah.

Penyelenggara turnamen London Chess Classic di mana Karjakin ambil bagian pada tahun 2017 juga sudah mengatakan bahwa pecatur berusia 31 tahun itu tidak lagi diundang di turnamen mereka.

Karjakin sekarang, juga akan menghadapi kemungkinan kesulitan menerima undangan ke turnamen-turnamen top di seluruh dunia. 

"Orang-orang sekarat, dan dia bercanda. Menyedihkan," komentar GM Hikaru Nakamura lewat siaran langsung di situs Twitchnya.

Walaupun saya sendiri belum pernah membaca Nakamura mengecam AS saat menyerang Irak untuk mencari senjata pemusnah massal yang tidak pernah ditemukan yang membuat rakyat Irak juga banyak yang sekarat dan meregang nyawa.

Selain turnamen, mantan penantang juara ini juga terancam dapat sanksi etik dari FIDE karena komentar-komentarnya yang mendukung aksi invasi Rusia ke Ukraina di twitter miliknya.

FIDE tegas menyatakan bahwa mereka mengutuk setiap pernyataan publik dari setiap anggota komunitas catur yang mendukung tindakan militer yang tidak dapat dibenarkan. 

Tetapi apapun itu, tindakan menyerang negara lain yang berdaulat jelas tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun. Perang tidak akan pernah menjadi jawaban atas apapun.

***