Arkady Dvorkovich: Saya Tidak Menyesal

Adapun tanggal pertandingan kejuaraan dunia, kami sudah berkonsultasi dengan Magnus sebelumnya dan ia tidak keberatan.

Jumat, 17 April 2020 | 11:38 WIB
0
187
Arkady Dvorkovich: Saya Tidak Menyesal
Arkady Dvorkovich (Foto: alchetron.com)

Jika berhubungan dengan turnamen kandidat dan kejuaraan dunia maka Arkady Dvorkovich adalah orang yang paling berkompeten untuk menjawabnya.

Baru-baru ini Dvorkovich diwawancarai oleh surat kabar populer Rusia Kommersant. Ini adalah bagian pertama dari wawancara ini.

Kommersant: Mari kita mulai dengan turnamen kandidat. Anda membukanya pada pertengahan Maret, tepatnya pada hari Kementerian Olahraga Federasi Rusia mengeluarkan perintah yang memberlakukan pembatasan ketat terhadap even olahraga di negara tersebut. Apakah Anda menyesal atas keputusan Anda untuk tetap menyelenggarakan turnamen itu? Hasilnya kemudian, Anda harus menghentikannya di pertengahan jalan.

Arkady Dvorkovich: Saya tidak menyesal. Itu adalah keputusan berdasarkan kesadaran penuh. Saya pribadi menghitung semua faktor yang harus dipertimbangkan sebelum turnamen dimulai. Pertama dan terutama, ini tentang penggemar catur di seluruh dunia karena begitu banyak orang menantikan untuk menyaksikan turnamen ini. Saya 100% yakin bahwa kami akan memberikan jaminan kesehatan bagi semua peserta dan orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen ini. Itu adalah faktor kritis.

Selain itu, sangat penting untuk tidak mengganggu siklus Kejuaraan Dunia dan melakukan yang terbaik untuk menjaga jadwal. Faktor kunci lainnya adalah memberikan hak dan ketentuan yang sama bagi semua peserta. Misalnya, Ding Liren tiba di Rusia terlebih dahulu pada 1 Maret, untuk mendapatkan karantina 14 hari yang diperlukan. Jika kami gagal memastikan keikutsertaannya dalam Turnamen Kandidat (keputusan dibuat pada akhir Februari) keabsahan seluruh even ini akan dipertanyakan.

Line-up terakhir diputuskan 10 hari sebelum turnamen dimulai. Semua peserta sudah menegaskan kembali kesediaan mereka untuk bersaing untuk memperebutkan satu temoat ke kejuaraan dunia. Jadi kami tidak memiliki alasan kuat untuk menunda turnamen.

Kommersant: Beberapa peserta turnamen, misalnya Alexander Grischuk mengeluh tentang suasana dan masalah dengan konsentrasi selama pertandingan. Apakah Anda mengetahui hal iini?

Arkady Dvorkovich: Pertama-tama, tidak ada keluhan resmi. Kami dengan cepat bereaksi terhadap semua permintaan pemain, memberikan banyak kelonggaran, mempertimbangkan bahkan detail kecil untuk menciptakan suasana psikologis yang nyaman. Jangan lupa, bahwa semua peserta adalah pecatur profesional sejati.

Kommersant: Izinkan saya untuk mengingatkan Anda tentang pesan Kementerian Olahraga Federasi Rusia. Pada dasarnya, pesan ini membatalkan semua pertandingan olahraga di Rusia, bukan?

Arkady Dvorkovich: Turnamen kandidat bukan even olahraga massal karena hanya diikuti oleh delapan pecatur yang berpartisipasi. Itu tidak tidak termasuk dalam pesan ini. Kami terus berhubungan dengan Kementerian Olahraga Federasi Rusia mengenai even ini dan mendapatkan lampu hijau.

Kommersant: Kami memahami bahwa sangat sulit untuk membuat proyeksi saat ini. Apakah Anda memiliki skenario tentang penyelesaian turnamen ini berupa rencana A, rencana B, atau rencana C?

Arkady Dvorkovich: Tentu. Rencana A berupa skenario optimis yaitu melanjutkan turnamen pada bulan Agustus atau September. Banyak ahli percaya bahwa ini adalah kerangka waktu yang realistis mengingat perkembangan situasi Virus Corona saat ini. Kita mungkin baru kembali ke kehidupan normal pada pertengahan atau akhir musim panas tahun ini. Dalam hal ini, pemenang turnamen kandidat akan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi pertandingan kejuaraan dunia sekitar 3 bulan. Tetapi sekali lagi, ini adalah skenario optimis, di mana perebutan gelar juara dunia akan diadakan pada bulan Desember 2020 sesuai dengan rencana.

Kommersant: Apakah ada skenario yang kurang optimis?

Arkady Dvorkovich: Rencana yang kurang optimis adalah memindahkan seluruh siklus beberapa bulan kemudian. Namun, bagi kami ini merupakan alternatif yang tidak diinginkan. Kami percaya bahwa skenario optimis pertama dapat terwujud.

Kommersant: Kami ingin mengklarifikasi untuk berjaga-jaga. Apakah lanjutan turnamen kandidat akan tetap diselenggarakan di Yekaterinburg?

Arkady Dvorkovich: Ya. Saya tidak melihat ada kendala. Kami sudah mendapat konfirmasi dari mitra utama kami, SIMA Land Company dan Otoritas Regional. Mereka menyatakan kesediaan mereka untuk menggelar lanjutan turnamen ini di Yekaterinburg. Tentu, jika beberapa lokasi lain ingin menjadi tuan rumah, kami akan mempertimbangkan permintaan semacam itu. Saat ini, Yekaterinburg tetap menjadi prioritas kami.

Kommersant: Mari kita kembali ke pertandingan kejuaraan dunia. Apakah akan diadakan di Dubai pada bulan Desember seperti yang Anda sebutkan sebelumnya?

Arkady Dvorkovich: Kami berharap pertandingan ini akan berlangsung pada bulan Desember di Dubai. Dalam hal force-majeure, kami akan mempertimbangkan alternatifnya. Saat ini, mitra kami masih bersedia untuk menyelenggarakan even ini.

Kommersant: Apakah sudah ada kontrak?

Arkady Dvorkovich: Kami sudah menyetujui persyaratannya. Tinggal menandatangani kontrak saja.

Kommersant: Pada awal tahun, FIDE menerbitkan syarat dan ketentuan penawaran untuk hak menyelenggarakan pertandingan kejuaraan dunia. Salah satu syarat utama adalah dana hadiah yang disediakan minimal € 2.000.000. Apakah kondisi ini sudah terpenuhi?

Arkady Dvorkovich: Tentu.

Kommersant: Kenapa Dubai, tepatnya?

Arkady Dvorkovich: Gagasan ini muncul sekitar beberapa bulan yang lalu sehubungan dengan EXPO-2020 yang akan diselenggarakan di kota itu. World Expo akan memberikan minat maksimum ke lokasi pertandingan. Plus, temanya - Pikiran Global - sesuai dengan catur. Kami melakukan negosiasi dan mencapai saling pengertian. Dubai bukan satu-satunya penawar. Kami mempertimbangkan beberapa opsi, tetapi Dubai terlihat paling menarik.

Kommersant: Kami sedikit khawatir bahwa Anda akan menyelenggarakan pertandingan kejuaraan dunia sebagai bagian dari EXPO. Apakah Anda tidak berpikir itu akan menurunkan nilai turnamen, membuatnya menjadi semacam pesanan sampingan ke hidangan utama?

Arkady Dvorkovich: Tentu saja tidak. Pertandingan ini bukan bagian dari EXPO, kami hanya akan menggunakan platformnya dan ini akan menjadi salah satu even utama periode ini, yang akan menarik minat khalayak secara maksimal.

Kommersant: Apakah Anda terikat kontrak dengan pemegang gelar Magnus Carlsen, tokoh utama dalam pertandingan kejuaraan dunia ini? Apa yang dia pikirkan tentang seluruh situasi ini? Sepertinya dia tidak terlalu khawatir tentang hal ini.

Arkady Dvorkovich: Kami tetap berhubungan dengan Magnus dan ayahnya. Dia bereaksi positif terhadap keputusan kami untuk mengadakan turnamen kandidat sebagai upaya untuk melestarikan kehidupan catur dalam periode yang rumit ini dan mendukung inisiatif kami. Adapun tanggal pertandingan kejuaraan dunia, kami sudah berkonsultasi dengan Magnus sebelumnya dan ia tidak keberatan.

***