Tim Putra dan Putri Indonesia Kalah, Italia Permalukan Norwegia

Tim putra Indonesia ditaklukkan India 3-1, sementara tim putra ditaklukkan Rumania 2,5-1,5.

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:05 WIB
0
299
Tim Putra dan Putri Indonesia Kalah, Italia Permalukan Norwegia
Tim catur putri Indonesia (Foto: Shahid Ahmed)

Setelah menang besar di dua babak pertama masing-masing dengan skor 4-0, tim Putri Indonesia harus bertemu dengan tim kuat India 2 pada babak ketiga Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India kemarin.

Hasilnya mereka ditaklukkan 3-1. Irene dan Fariha kalah di meja satu dan tiga sementara Medina dan Citra remis di meja dua dan empat.

Lawan Irene Vantika Agrawal baru berusia 19 tahun dan baru tahun lalu meraih gelar WGM. Namun meskipun pegang Hitam, Vantika mampu memaksa Irene untuk bertahan.

Langkah wajar Irene 16. g4 yang ditangkap Vantika lewat en passant membuat bidak Hitam ini ternyata tidak bisa diambil karena dijaga Kuda dan Gajah. Bidak ini malah jadi bidak beracun saat promosi pada lagkah ke-46.

Pada bagian Putra, Indonesia harus mengakui keunggulan tim catur Rumania 1½-2½. Susanto dan Yoseph takluk di meja satu dan tiga, Novendra remis di meja dua dan Ervan menang di meja empat.

Pada babak ke-4 yang dimulai pukul 16.30 WIB sore ini tim Putri akan bertemu Bangladesh sementara tim Putra akan berhadapan dengan Luksemburg.

Italia Pecundangi Norwegia

Pada turnamen beregu seperti Olimpiade Catur tidak cukup diwakili oleh satu pecatur jagoan bahkan meskipun orang itu juara dunia.

Seperti itulah yang dialami oleh unggulan ketiga Norwegia ketika dipecundangi oleh Italia dengan skor telak 3-1. Meja tiga dan empat yang ditempati Hammer dan Christiansen menjadi lumbung poin bagi Italia.

GM Magnus Carlsen yang diharapkan bakal menyumbang poin hanya mampu bermain remis dengan GM Daniele Vocaturo di meja satu. Begitu juga dengan GM Aryan Tari yang juga remis dengan GM Luca Moroni di meja dua.

“Jika Anda dapat menetralisir pencetak gol terbanyak mereka, maka itu benar-benar sesuatu!” kata Kapten Italia, Loek van Wely mengomentari hasil menggembirakan yang didapat oleh timnya.

Dengan hasil ini Norwegia untuk sementara menempati peringkat ke-30 dari 185 peserta. Pada babak keempat sore ini Norwegia akan berhadapan dengan Mongolia.

***