Kasus Niemann dan Pentingnya Keterbukaan Carlsen

Sekarang bola ada di tangan Carlsen dan publik menunggu penjelasan juara dunia itu kenapa mudur pada babak keempat setelah kalah dari Hans Niemann pada babak ketiga.

Senin, 12 September 2022 | 15:59 WIB
0
344
Kasus Niemann dan Pentingnya Keterbukaan Carlsen
Hans Niemann (Foto: Lennart Ootes)

Jangan pernah curang menggunakan engine saat bermain catur online bahkan meskipun Anda melakukannya saat masih berusia 12 dan 16 tahun. 

Begitu Anda di banned maka berita kecurangan ini akan melekat seumur hidup di wajah Anda meskipun setelah itu Anda tidak pernah lagi melakukannya.

Hans Niemann telah mengakui bahwa dirinya bermain curang saat berusia 12 dan 16 tahun di Chesscom tetapi bersikeras mengatakan bahwa dia sekarang sudah "bersih".

Bahkan Hans siap bermain telanjang untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bermain curang saat mengalahkan GM Magnus Carlsen.

Juga dengan tegas Hans mengatakan bahwa dia tidak pernah berbuat curang seumur hidupnya di catur tatap muka di atas papan.

Tetapi siapa yang percaya?

Penyelenggara turnamen Sinquifield Cup bisa jadi percaya Hans Niemann tidak curang karena sampai babak ke-6 pecatur muda AS itu belum dikeluarkan dari turnamen elit itu.

Saya yakin mereka pasti sudah melakukan penyelidikan mendalam atas kasus ini. Tidak ada berita bahwa Hans bolak balik ke toilet selama pertandingan dan tidak ditemukan juga transmisi elektronik di ruangan pertandingan.

Tapi kerusakan telah terjadi saat streamer catur yang banyak subsnya seperti GM Hikaru Nakamura dengan kelat kelit bahasanya secara tidak langsung ikut menuduh Hans curang.

Hans sendiri mengatakan bahwa dia sulit berkonsentrasi setelah kejadian itu meski dirinya masih bisa menahan remis GM Alireza Firouzja dan GM Leinier Domínguez pada babak ke-4 dan 5.

Namun beratnya tekanan yang dihadapinya saat ini membuat Hans tidak lagi bisa menahan GM Wesley So di babak keenam dan kalah pada langkah ke-59 dini hari tadi.

Sekali lagi berhentilah menggunakan engine saat bermain catur online apapun alasannya.

Carlsen Sebaiknya Terbuka

Ketua Arbiter turnamen Sinquefield Cup 2022 IA Chris Bird telah mengeluarkan surat pernyataan resmi untuk menanggapi mundurnya Magnus Carlsen dari turnamen ini. 

Alinea pertama merupakan jawaban atas isu yang beredar selama ini di jagat maya dan juga di media-media online.

"Menanggapi rumor baru-baru ini yang beredar di dunia catur, saya dapat mengonfirmasi bahwa saat ini kami tidak memiliki indikasi bahwa ada pemain yang bermain tidak fair di Sinquefield Cup 2022 termasuk di semua babak yang dimainkan hingga saat ini."

Sekarang bola ada di tangan Carlsen dan publik menunggu penjelasan juara dunia itu kenapa mudur pada babak keempat setelah kalah dari Hans Niemann pada babak ketiga.

***