Ian Nepomniachtchi Berpeluang Jadi Juara

Bila itu yang terjadi sesuai dengan peraturan, juara dan runner up turnamen ini akan saling berhadapan di kejuaraan dunia berikutnya.

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:30 WIB
0
133
Ian Nepomniachtchi Berpeluang Jadi Juara
Ian Nepomniachtchi (Foto: Stev Bonhage)

Barangkali masih terlalu dini untuk memprediksi, tapi GM Ian Nepomniachtchi berpeluang untuk menjadi juara dunia tahun depan melihat ganasnya pecatur Rusia ini di Turnamen Kandidat 2022.

Dari enam babak, Nepomniachtchi sudah tiga kali menang. Korban-korbannya adalah unggulan pertama GM Ding Liren kemudian jagoan GM Magnus Carlsen yang diharapkan menjadi penantangnya tahun depan GM Alireza Firouzja dan juga jagoan banyak pembaca grup ini GM Jan-Krzysztof Duda.

Dengan membukukan tiga kemenangan dan tiga kali remis, pecatur asal Rusia ini sekarang memimpin turnamen sendirian dengan 4½ poin.

Ia dibuntuti dengan ketat oleh GM Fabiano Caruana di peringkat dua dengan 4 poin setelah pecatur AS ini menundukkan Alireza Firouzja pada langkah ke-42 pembukaan Katalan tadi malam.

Agak mengherankan juga sebenarnya melihat Nepo tidak dijagokan oleh baik Magnus Carlsen maupun GM Garry Kasparov untuk menjuarai turnamen ini.

Padahal dari segi persiapan, rasanya Nepo lebih siap dibanding peserta lainnya karena pecatur berusia 31 tahun ini banyak menyimpan hasil pekerjaan rumah yang belum digunakan saat menghadapi Carlsen di kejuaraan dunia tahun lalu.

Jika akhirnya Nepo yang tampil sebagai juara, saya yakin Magnus akan malas mempertahankan gelar juara dunianya karena menganggap dwitarung ini tidak lagi menarik sehingga hanya buang-buang waktu untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga: Nakamura Gerah di Turnamen Kandidat, Ada Apa?

Bila itu yang terjadi sesuai dengan peraturan, juara dan runner up turnamen ini akan saling berhadapan di kejuaraan dunia berikutnya.

Itulah sebabnya Nepo berpeluang untuk menjadi juara dunia yang baru.

***