Sempat Terpukul, Wang Hao Akhirnya Lolos ke Turnamen Kandidat

Tidak ada pemberian poin dari Fabiano Caruana kepada Hikaru Nakamura. Juga oleh sesama pecatur Rusia, Kirill Alekseenko dan Nikita Vitiugov. Mereka bermain sportif di atas papan.

Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:10 WIB
0
614
Sempat Terpukul, Wang Hao Akhirnya Lolos ke Turnamen Kandidat
Wang Hao menyesali kekalahan atas Levon Aronian (Foto: Maria Emilianova)

Pecatur nomor tiga China, GM Wang Hao tampil sebagai juara FIDE Grand Swiss Isle Of Man 2019 sekaligus lolos ke turnamen kandidat 2020. Ia akan mendampingi GM Ding Liren yang telah lebih dahulu mendapat satu tempat di sana dari jalur Piala Dunia.

Pada babak terakhir, Wang Hao menang melawan pecatur Inggris GM David Howell sehingga berbagi tempat pertama dengan GM Fabiano Caruana yang hanya bermain remis dengan GM Hikaru Nakamura.

Keduanya sama-sama mencetak 8 poin, tetapi Wang akhirnya merebut gelar juara setelah menang tiebreak dari pecatur AS itu.

"Saya mulai memikirkan turnamen kandidat sebelum babak terakhir dimulai," ujar Wang Hao dalam wawancara setelah pertandingan. Ia memang sempat terpukul setelah kalah tragis dari GM Levon Aronian pada babak ke-7 namun dia segera bangkit kembali. "Saya hanya berusaha bermain solid agar tidak kalah," tambahnya.

Salah satu turnamen terbuka terkuat yang pernah di selenggarakan, Grand Swiss, di Isle of Man diikuti oleh 154 peserta termasuk GM Magnus Carlsen, Fabiano Caruana, Wesley So, Vishy Anand, Levon Aronian dan hampir semua pecatur top 100 dunia. Digelar khusus untuk mencari satu pecatur yang lolos ke turnamen kandidat. Magnus sendiri hanya menempati peringkat keenam di turnamen ini.

Satu lagi hal menarik yang pantas dicatat adalah tidak ada pemberian poin dari GM Fabiano Caruana kepada GM Hikaru Nakamura. Juga oleh sesama pecatur Rusia, GM Kirill Alekseenko dan GM Nikita Vitiugov. Mereka bermain sportif di atas papan.

***