Begini Cara Memasang Bata Ringan yang Tepat

Rabu, 15 Februari 2023 | 14:03 WIB
0
172
Begini Cara Memasang Bata Ringan yang Tepat
Bata Ringan | Sumber: Canva.com

Saat ingin membangun rumah, salah satu material yang paling banyak digunakan adalah bata ringan atau batako. Namun, apakah Anda sudah mengetahui cara memasang bata ringan dengan benar? Sangat penting untuk memastikan bata ringan terpasang dengan tepat untuk menghindari masalah pembangunan di kemudian hari.

Bata ringan sendiri merupakan salah satu bahan bangunan yang relatif murah. Anda bisa membandingkan harga dengan bata merah. Tak heran jika banyak orang yang menggunakannya.

Baca Juga: Lengkap! Jenis, Perbedaan, dan Cara Pemasangan Batako

Cara Memasang Bata Ringan dengan Benar
Setelah mengetahui berbagai jenis genteng, kini saatnya menyadari cara memasangnya. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan tanpa melewatkan apapun.

1. Siapkan Petunjuk Pemasangan

Agar hasil pemasangan bata ringan lurus, gunakan jidar sebagai acuan pemasangan vertikal. Anda juga bisa menggunakan benang kasur yang dilengkapi dengan pemberat bandul untuk acuan horizontal.

2. Tuang Adonan Semen

Tahap selanjutnya, tuang adonan semen di area yang akan dipasang bata ringan atau batako. Anda perlu menyesuaikan adukan semen sesuai dengan satu balok batu bata ringan. Jika sudah sesuai, maka Anda bisa memasang batako di bagian adukan semen tersebut. Lalu, berikan sedikit tekanan ke arah bawah agar bagian ujung bata ringan terkena adukan semen secara menyeluruh.

3. Tempatkan Hebel 

Jika Anda ingin mengatur posisi batako yang sudah terkena adukan semen, Anda bisa menggesernya ke posisi yang Anda inginkan. Hindari mengangkat batu bata ringan ketika mengatur posisi.

4. Ditutup dengan Terpal

Setelah selesai dalam tahap pemasangan, tutup area dengan terpal agar terhindar dari paparan sinar matahari dan hujan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi keretakan selama masa pengeringan berlangsung.

5. Menyelesaikan

Pada tahap penyelesaian, Anda bisa melapisi batako dengan plaster dinding. Setelah itu, lapisi dengan acian dinding di bagian permukaannya agar hasilnya rata dan halus. 

Baca Juga: Kelebihan Batu Alam Andesit untuk Carport Hunian

Demikian informasi mengenai cara pemasangan bata ringan untuk hunian yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.