"Stockvish", Julukan Baru Anand yang Kembali Masuk Top 10 Dunia

Berkat kemenangannya itu Anand sekarang menempati peringkat ke-11 dunia pada live rating. Tidak tertutup kemungkinan Anand akan kembali menembus top 10 dunia setelah turnamen ini selesai.

Kamis, 2 Juni 2022 | 09:21 WIB
0
290
"Stockvish", Julukan Baru Anand yang Kembali Masuk Top 10 Dunia
Viswanathan Anand (Foto: Norway Chess)

Legenda catur India GM Viswanathan "StockVish" Anand kembali mencetak kemenangan di turnamen Norway Chess tadi malam dengan membekuk GM Vaselin Topalov dari Bulgaria pada babak kedua.

Sebelumnya pada babak pertama pecatur berusia 52 tahun itu menaklukkan GM Maxime Vachier Lagrave. Dari dua kemenangan ini Anand meraup 10 poin untuk menembus peringkat ke-9 dunia dengan Elo rating 2761.

Anand juga menjadi satu-satunya pemimpin turnamen dengan 6 poin setelah di meja lainnya GM Wesley So menekuk GM Magnus Carlsen di babak tambahan Armageddon karena pada partai utama mereka bermain remis.

Dengan demikian pecatur AS ini menempati peringkat kedua dengan 4½ poin disusul oleh GM Anish Giri di peringkat ketiga dengan 3 poin. Daftar peringkat peserta lainnya bisa dilihat pada kolom komentar.

Untuk Carlsen sendiri remis di babak pertama dan kedua membuat ratingnya turun 3 poin dari 2864 menjadi 2861. Target rating 2900 kembali menjauh.

Meskipun sudah berusia 52 tahun tetapi legenda catur India GM Vishy Anand yang sekarang mendapat julukan baru StockVish masih tetap menggigit.

Setelah menekuk GM Magnus Carlsen pada babak ke-7 Norway Blitz kemarin, Vishy Anand kembali menang pada babak pertama Norway Chess dini hari tadi dari pecatur Perancis GM Maxime Vachier Lagrave pada langkah ke-40.

Berkat kemenangannya itu Anand sekarang menempati peringkat ke-11 dunia pada live rating. Tidak tertutup kemungkinan Anand akan kembali menembus top 10 dunia setelah turnamen ini selesai.

Satu lagi pecatur yang juga menang adalah GM Wesley So yang menundukkan salah satu peserta Turnamen Kandidat 2022 GM Teimour Rajabov. Anand dan Wesley memimpin turnamen dengan 3 poin.

GM Magnus Carlsen juga menang melawan GM Wang Hao tetapi lewat partai tambahan Armageddon setelah di partai utama mereka bermain remis untuk mendapatkan 1½ poin.

Target Magnus yang saat ini memiliki rating 2864 untuk menembus rating 2900 sangat berat. Meski misalnya juara dunia ini menang 9 kali dari sembilan babak di turnamen ini ratingnya hanya naik menjadi 2894.

Di sisi lain pecatur Norwegia ini juga harus membukukan 6 poin dari sembilan babak jika ingin ratingnya tidak turun. Jika mampu mencetak 7 poin, Carlsen cuma mendapat 10 poin rating.

***