Memanfaatkan Kawat Bronjong untuk Mencegah Banjir di Desa

Kamis, 10 Februari 2022 | 14:35 WIB
0
139
Memanfaatkan Kawat Bronjong untuk Mencegah Banjir di Desa
kawat bronjong

Banjir menjadi momok bagi desa-desa di musim penghujan, khususnya desa yang dilintasi aliran sungai deras dengan tanggul yang pendek. Musim penghujan dapat menyebabkan pinggiran sungai tergerus dan menjebolkan tanggul yang menyebabkan air meluap dan menggenang pedesaan.

Untuk mencegah hal ini, tentu kita perlu melakukan perawatan di daerah sekitaran aliran sungai, memastikan bahwa aliran sungai dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang dapat menyebabkan meluapnya air di aliran sungai tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara, misalnya: tidak membuang sampah sembarangan, rutin membersihkan sungai, dan lain sebagainya.

Satu hal yang patut untuk diperhatikan adalah kondisi tanggul atau pinggiran aliran sungai. Aliran sungai yang deras dapat menyebabkan tergerusnya aliran atau tanggul sungai, utamanya di daerah belokan aliran sungai. Hal ini yang masih sering disepelekan oleh masyarakat.

Sebagai contoh, baru-baru ini Sungai Konto, sungai yang terletak di daerah perbatasan Jombang dan Kediri mengalami tanggul jebol. Tak tanggung-tanggung, tanggung yang jebol sepanjang 50 meter. Jebolnya tanggul ini menyebabkan terendamnya sawah dan jalan di pemukiman penduduk sekitar.

Tentu hal ini akan bisa menjadi hal yang sangat merugikan, baik dari segi materi hingga keselamatan jiwa. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan bronjongisasi pinggiran aliran sungai apabila tanggul sungai sudah terlihat dalam kondisi tidak baik, misalnya ada retakan-retakan. Membiarkan retakan-retakan itu tentu sangat membahayakan dan mengancam keselamatan warga sekitar. Kawat bronjong adalah solusi yang tepat untuk menjaga pinggiran aliran sungai tetap dalam kondisi baik.

Kawat bronjong juga sering disebut sebagai gabion, merupakan anyaman kawat yang membentuk lubang segi enam yang diikat kuat-kuat. Lapisan galvanis kawat ini menyebabkan kawat bronjong dapat bertahan relatif cukup lama di daerah-daerah yang terkena air maupun panas matahari secara terus menerus.

Selain bermanfaat dalam mencegah banjir, kawat bronjong juga banyak dimanfaatkan untuk mencegah tanah longsor di daerah-daerah tebing yang rawan longsor.

Saat ini, banyak distributor kawat bronjong yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah kawat bronjong merk SWIS yang diproduksi di Surabaya dan siap melayani pembelian dari seluruh Indonesia. Kawat bronjong SWIS adalah kawat bronjong berkualitas SNI yang mendapat sertifikasi dari KAN dan Kemenperin. Hubungi sekarang untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.