Cara China Mengakali Peraturan FIDE

Bagaimana jikalau Ding Liren yang memenangi Turnamen Kandidat nanti, apakah Magnus akan tetap konsisten dengan ucapannya?

Jumat, 1 April 2022 | 09:07 WIB
0
116
Cara China Mengakali Peraturan FIDE
Ding Liren (Foto: Liang Ziming)

Setelah FIDE menghukum GM Sergey Karjakin tidak bisa bermain di Turnamen Kandidat 2022 karena mendukung invasi Rusia ke Ukraina maka GM Ding Liren berpeluang besar untuk menggantikan pecatur berusia 32 tahun itu.

Peraturan menyebutkan pecatur dengan rating tertinggi dalam daftar peringkat dunia FIDE bulan Mei 2022 akan diundang sebagai pemain pengganti.

Selain itu masih ada syarat lainnya bahwa pemain yang akan menggantikan itu sudah memainkan 30 partai FIDE rated sejak Juni 2021 hingga bulan Mei 2022.

Nah, masalahnya Ding Liren belum memenuhi syarat kedua ini. Ding memang setahun terakhir jarang mengikuti turnamen tatap muka karena pandemi. Baru 4 partai FIDE rated yang sudah dilakoninya melawan GM Lu Shanglei sesama pecatur China bulan November tahun lalu.

Jadi bagaimana cara mengakalinya? Mudah saja. Bikin saja turnamen sendiri. Di China. Pesertanya pecatur China juga. Agar lebih halus turnamen ini diberi nama keren seri turnamen kualifikasi untuk Asian Games 2022.

Hanya saja agar rating Ding Liren tidak turun, di seri pertama turnamen yang diberi nama China HangZhou Chess GM 2022, tiga pesertanya selain Ding Liren berasal dari klub 2500 sehingga lebih mudah untuk dikalahkan. Kira-kira begitu. Sejauh ini Ding sudah menang 4 kali dan kembali menempati peringkat 2 dunia.

Selain itu agar target tercapai, akan digelar dwitarung 6 babak antara Ding Liren dengan GM Wei Yi pada 5-10 April 2022. Beres.

Dengan demikian jika surat banding Federasi Catur Rusia atas hukuman yang dijatuhkan kepada Sergey Karjakin ditolak FIDE, rasanya Ding Liren akan tampil di Turnamen Kandidat tahun ini yang rencananya digelar di Madrid bulan Juni mendatang.

Sayangnya setelah kejuaraan dunia melawan GM Ian Nepomniachtchi di Dubai pada Desember 2021, GM Magnus Carlsen mengatakan bahwa dia tidak akan mempertahankan gelarnya tahun depan jika penantangnya bukan GM Alireza Firouzja. Pernyataan yang berani.

Nah, bagaimana jikalau Ding Liren yang memenangi Turnamen Kandidat nanti, apakah Magnus akan tetap konsisten dengan ucapannya?

Ding  Liren Kembali ke Peringkst Dua Dunia

Hanya 127 hari GM Alireza Firouzja sempat merasakan nikmatnya menempati peringkat dua dunia dengan rating 2804. 

GM Ding Liren tadi malam menggeser posisi pecatur Perancis itu setelah Ding menang beruntun tiga kali di turnamen China HangZhou Chess GM 2022. 

Rating Ding Liren naik 6,7 poin dari 2799 menjadi 2805,7.

Seperti saya tulis kemarin, apa yang dilakukan Ding ini semacam akal-akalan agar bisa lolos ke Turnamen Kandidat 2022 dari jalur rating berserta syarat lain telah memainkan 30 partai FIDE rated di dalam rentang waktu bulan Juni 2021 hingga bulan Mei 2022.

Namun Ding Liren atau sebut saja Federasi Catur China mulai menuai kritikan. Jika China bisa melakukannya tentu negara lain juga bisa melakukan hal yang sama terutama untuk menaikkan Elo rating pemain mereka.

China seharusnya tidak perlu melakukan itu karena tidak seorangpun pecatur elit yang bermain di 30 partai FIDE rated dalam satu tahun terakhir karena ada pandemi Covid-19.

***