Ian Nepomnischtchi Penantang Resmi Magnus Carlsen

Salah satu yang membuat keyakinan Nepomniachtchi benar-benar akan menantang Magnus Carlsen adalah karena Nepom keturunan Yahudi.

Selasa, 27 April 2021 | 10:00 WIB
0
220
Ian Nepomnischtchi Penantang Resmi Magnus Carlsen
Nepomnischtchi (Foto: Facebook.com)

Meskipun turnamen kandidat masih menyisakan satu babak lagi, namun pecatur Rusia GM Ian Nepomniachtchi sudah memastikan gelar juara setelah Alexander Grischuk menaklukkan Anish Giri pada babak ke-13 tadi malam. 

Dengan demikian, Nepom akan menantang juara bertahan GM Magnus Carlsen di kejuaraan dunia yang akan berlangsung di Dubai pada bulan November nanti.

Saya sudah pernah memposting bahwa GM Ian Nepomniachtchi adalah lawan sepadan GM Magnus Carlsen saat ini. Banyak mungkin yang belum mengetahui bahwa satu-satunya pecatur elit yang mampu mencetak hasil positif melawan Carlsen adalah Ian Nepomniachtchi. 

Dalam 11 kali pertemuan mereka di catur standar, Nepom menang 4 kali, remis 6 kali dan ia hanya kalah 1 kali. Sementara kejuaraan dunia digelar dalam format catur standar.

Sedikit tentang Nepom, kisah perkenalannya dengan dunia catur dimulai dari ruang keluarga. Catur bukan hanya sekedar permainan favorit, tapi juga sebagai ajang untuk berkomunikasi. Hampir setiap malam paman dan kakeknya bermain catur. 

Rasa ingin tahu kanak-kanaknya membuat Nepom tidak pernah absen untuk menonton. Sejak itu catur telah menjadi bagian dari kehidupan pecatur berusia 30 tahun ini.

Lahir di tahun yang sama dengan Magnus Carlsen dan Sergey Karjakin, Nepom belajar catur di usia 4½ tahun. Pelatih pertamanya adalah Valentin Evdokimenko, Valery Zilberstein dan GM Sergei Yanovsky. Di bawah bimbingan pelatihnya ini ia memenangi European Youth Chess Championship tiga kali. 

Tahun 2010 Nepom menjuarai kategori U10. Tahun 2001 dan 2002 dua kali memenangi U12. Prestasi tingkat dunia Nepom adalah menjuarai World Youth Chess Championship U12 tahun 2002 mengalahkan GM Magnus Carlsen dalam perhitungan tiebreak.

Untuk turnamen, Nepom adalah juara Aeroflot Open tahun 2008. Nepom juara European Individual Championships dan Russian Championship 2010. Ia juga memenangi Tal Memorial tahun 2016 dan Dortmund tahun 2018.

Prestasi Nepom ini semakin mengkilap berkat dukungan sponsor perusahaan minyak raksasa Rusia, Rosneft, dan Alfa Bank, salah satu bank swasta terbesar di Rusia membuatnya mampu menduduki peringkat ke-3 dunia saat ini.

Salah satu yang membuat saya dulu yakin Nepomniachtchi benar-benar akan menantang Magnus Carlsen adalah karena Nepom keturunan Yahudi. Tahu kan Yahudi itu pintar-pintar. Sebagai gambaran ini adalah beberapa pecatur kelas dunia keturunan Yahudi.

Garry Kasparov, Judit Polgar, Mikhail Tal, Mikhail Botvinnik, Emanuel Lasker, Wilhelm Steinitz, Siegbert Tarrasch, Aron Nimzowitsch, Akiba Rubinstein, Viktor Korchnoi, Savielly Tartakower, Bobby Fischer, dan Boris Gelfand.

Bagaimana? Cukup mengesankan? Jadi kita tunggu saja kiprah Nepomniachtchi di kejuaraan dunia nanti.

***