Novendra Gagal Raih GM

Kegagalan ini bisa menjadi pelajaran bagi Novendra untuk tidak lagi menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya.

Sabtu, 16 November 2019 | 06:06 WIB
0
361
Novendra Gagal Raih GM
Novendra Piasmoro (Foto: Kompas.id)

Impian IM Novendra Priasmoro untuk meraih gelar Grand Master di Jakarta Open Chess FIDE Rated 2019 kandas setelah Noven hanya mampu bermain remis dengan GM Nguyen Anh Dung pada babak kelima dwitarung mereka Jumat sore di Hotel Grand Kemang, Jakarta.

Apa pun hasil dari babak keenam yang akan berlangsung Sabtu pagi ini tidak lagi berpengaruh karena ia baru mengumpulkan satu kali kemenangan, tiga kali remis, dan sekali kalah dari pecatur Vietnam itu.

Artinya meskipun ia menang nanti, Novendra maksimun hanya memperoleh 4,7 poin. Masih kurang 1,8 poin dari rating 2500 minimal yang dibutuhkannya untuk meraih gelar bergengsi itu.

Pada babak pertama, Novendra yang pegang Hitam, mampu menundukkan Anh Dung dengan mudah pada langkah ke-23. Namun bisa jadi karena Anh Dung masih jet lag setelah perjalanan panjang dari Vietnam ke Indonesia.

Terbukti kemudian, kesuksesan Novendra itu tidak berlanjut pada tiga babak berikutnya. Novendra dipaksa bermain remis oleh Anh Dung di babak kedua sebelum akhirnya kalah pada babak ketiga dan remis di babak keempat.

Meskipun rating Anh Dung lebih rendah dari Novendra namun terlihat jelas pengalaman pecatur berusia 43 tahun itu jauh lebih baik dari pecatur muda kita ini. Kalau melihat partai-partai mereka, Novendra memang masih harus banyak belajar agar tidak main terlalu terburu-buru dan bernafsu.

Kita tentunya berharap kegagalan ini bisa menjadi pelajaran bagi Novendra untuk tidak lagi menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya.

***