Saya Bangga Adanya Produk dengan Merek Asli Indonesia

Kamis, 21 Februari 2019 | 10:45 WIB
0
499
Saya Bangga Adanya Produk dengan Merek Asli Indonesia
Saya di PT Mayora (Foto: Facebook Presiden RI)

Di tengah ketatnya persaingan global di banyak bidang, saya begitu bangga dengan adanya produk dengan merek asli Indonesia yang telah "menjajah" lebih dari 100 negara -menjajah dalam pengertian memasuki pasar mancanegara.

Salah satunya, PT Mayora Indah, perusahaan yang memproduksi aneka kebutuhan konsumen seperti biskuit, permen, wafer, sampai mi instan.

PT Mayora sudah mengekspor produknya ke negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, negara-negara di kawasan ASEAN, hingga negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Kemarin, saya menghadiri pelepasan kontainer ekspor ke-250.000 Mayora Group di pabriknya di Tangerang.

Saya dengar, ekspor PT Mayora ini sampai 2.000 kontainer setiap bulan. Luar biasa.

Selain itu, saya mengapresiasi langkah perusahaan ini yang membeli langsung bahan bakunya dari para petani lokal.

Kopi untuk Ekspor

Berada di antara pekerja-pekerja industri yang tengah mengemas kopi instan untuk diekspor di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Senin kemarin.

Industri makanan dan minuman ini pertumbuhannya sangat pesat, sampai sembilan persen. Ini besar sekali, sehingga industri ini harus diberi dukungan.

Beberapa waktu lalu, misalnya, ada sedikit masalah yang dihadapi perusahaan merek Indonesia, PT Mayora di negara Filipina. Pemerintah mengirimkan tim untuk berbicara dengan pemerintah di sana agar produk-produk ini tetap bisa masuk.

Di dalam negeri, kita melaksanakan antara lain penyederhanaan regulasi untuk meningkatkan ekspor, dan kemudahan investasi bagi industri yang berkaitan dengan barang ekspor atau produk-produk substitusi impor.

***