New Pojok Kuliner Lapas Kelas I Malang Dapat Support DWP

Rabu, 8 November 2023 | 11:38 WIB
0
23
New Pojok Kuliner Lapas Kelas I Malang Dapat Support DWP
New Pojok Kuliner Lapas Kelas I Malang Dapat Support DWP | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Rabu (08/11/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengadakan kegiatan pembukaan New Pojok Kuliner dengan wajah dan semangat baru yang lebih baik dengan hadirnya DWP yang ikut andil dalam pembinaan kemandirian dalam bidang kuliner.

Pejabat Struktural, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) hadir dalam kegiatan ini. Kabag. Tata Usaha, Lilik Sulistyowati mewakili Kalapas hadir memberikan sambutan acara pada Jum'at 03 November 2023. Beliau menekankan semangat perubahan di Bimbingan Kerja New Pojok Kuliner merupakan hasil dari rapat bersama Kalapas dan Pejabat Struktural serta mendapat masukan berbagai pihak.

"Dengan DWP ikut andil dalam pembinaan kemandirian dalam bidang kuliner, Semoga kedepannya New Pojok Kuliner dapat menjadi semakin lebih baik lagi dan meningkatkan skill WBP di bidang Kuliner yang kompeten dan profesional," ujar Lilik Sulistyowati, Kabag. Tata Usaha Lapas Kelas I Malang

New Pojok Kuliner merupakan salah satu unit Bimbingan Kerja (Bimker) di Lapas Kelas I Malang yang berfokus pada bidang makanan dan minuman. WBP yang tergabung pada Bimker ini diberikan ilmu dan skill mulai dari pembuatan makanan dan minuman, sekaligus pembelajaran tentang mengelola bisnis kuliner.

Selain itu Bimker ini membina dan melatih WBP untuk menjadi seorang Barista. Barista umumnya dikenal sebagai peracik kopi yang sering ada pada kafe-kafe. ini merupakan mata pencaharian baru yang ramai dicari di masyarakat sekarang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Mantan Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah. Kalapas Kelas I Malang sekarang, Ketut Akbar Herry Achjar bertekad menjadi Lapas yang Lebih Baik dan Anti Narkoba.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)